Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Kali ini saya akan membahas Apa itu VPN. Mungkin...

Apa itu VPN, Cara Kerja VPN, dan Fungsi VPN

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Kali ini saya akan membahas Apa itu VPN. Mungkin di hape Anda/PC anda menyediakan setting VPN tapi Anda masih bingung apa itu VPN? Seperti apa ? dan bagaimana ? . Simak saja Artikel saya berikut ini


Apa itu VPN ?

 VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Ini terdiri dari 2 kata :
  1. Virtual : Tidak nyata.
  2. Private : Sendiri/perorangan/khusus.
  3. Network : Jaringan. 
Jadi, VPN adalah jaringan/koneksi tersendiri secara tidak nyata untuk membangun koneksi private melalui jaringan publik atau internet.  Tidak ada sembarang orang yang bisa mengakses data/koneksi kita karena jaringan yang terhubung tidak benar-benar terkoneksi(virtual). Jadi koneksi VPN ini bisa dibilang rahasia.

Syarat untuk membangun VPN

1.     1 Buah komputer server Untuk Open VPN
Server ini yang nantinya akan dikoneksikan dari jaringan publik agar dapat mengakses jaringan local. Maksudnya, anda harus membuat server terlebih dahulu jika ingin membuat VPN yang dapat mengakses jaringan-jaringan yang ada. Sekarang tidak perlu lagi susah payah, dan mahal jika ingin membuat server. Kita cukup menyewa saja dari penyedia layanan server virtual untuk kita. Lalu kita bias sepuasnya me-remote jaringan virtual yang kita miliki.




2.     Memulai koneksi dengan OpenVPN client
Melakukan koneksi pada Client Windows maupun Linux dengan OpenVPN Client. Jadi pada VPN ini, anda bisa berkoneksi/berhubungan dengan komputer Linux dengan windows, maupun sebaliknya.

3.     Dapat mengakses Resources jaringan local
Maksudnya, Anda harus mendapatkan akses ke web/internet local terlebih dahulu untuk bisa terkoneksi pada VPN. Intinya, Anda harus punya koneksi internet.

4.     Evaluasi Konfigurasi
Anda harus memahami betul konfigurasi yang ada pada VPN . Agar tidak terjadi kesalahan/ hal-hal yang tidak diinginkan.

FUNGSI VPN
Berikut beberapa fungsi VPN :
    1. Confidentially (Kerahasiaan)
      Setiap data yang dikirim dan diterima akan terenkripsi setiap 248bit/2096bit.
    2. Data Integrity (Keutuhan Data)
      Setiap data yang terkirim akan dijaga keutuhan data sehingga ketika sampai ke penerima tetap sama.
    3. Origin authentication (Otentikasi Sumber )
      OpenVPN melakukan pemeriksaan autentikasi terhadap sumber sumber pengirim dan penerima data.
    4.  Data Encryption (Enkripsi Data)
      OpenVPN melindungi data dengan enkripsi sehingga data sulit untuk diterjemahkan/dibaca



Bagaimana cara kerja VPN?

  1. User(1) harus mengkoneksikan dirinya ke ISP(2) dan internet(3) agar bisa terkoneksi ke VPN server(4)
  2. Ketika sudah terkoneksi ke internet(3), ia akan meneruskan koneksi ke Virtual Server VPN (4).
  3. Ketika sudah mengkoneksikan PC(1) ke VPN server(4), maka PC siap untuk menjelajah remote/resources international degan lebih cepat(5).
Jadi pada VPN ini, bisa dibilang kita "nebeng"/ menumpang pada ISP untuk dapat menjelajah internet melalui server VPN kita. Lah kok seperti itu ? Kita menjelajah internet dengan menggunakan Server VPN (Server Internasional) maka akan lebih cepat dan hemat. Sedangkan bila kita langsung menjelajah internet Internasional menggunakan ISP lokal, maka akan lebih lama. Tahu sendiri kan internet di indonesia seperti apa ?. Nah kalau kita koneksikan ke Server VPN, Server VPN kita akan meneruskan Koneksi ke Server-server internasional. Itu sebabnya memakai VPN bisa lebih cepat dan murah.

Seperti itulah cara kerja VPN. Simpel, namun mempunyai banyak manfaat.


Manfaat & Kegunaan VPN



  • Anonymous Surfing . Menjelajah dunia internet dengan bebas, bahkan ISP pun tidak tahu kita sedang membuka apa
  • Enkripsi 265 bit /2048 bit. Sudah pasti sangat aman !
  • Dapat mengakses apapun itu situs-situs yang diblokir. Apapun situsnya, karena ini Server kita sendiri dan   menggunakan IP luar negeri, jadi kita bebas membuka situs yang diblokir oleh pemerintah.
  • Menjaga keamanan username dan password. ISP dan antek-anteknya tidak akan tahu username dan password kita saat login di FB, Twitter, Path, dll.

Pertanyaan Tentang VPN
Pertanyaan tentang VPN. :
  1. Apa bedanya terhubung ke VPN dengan tidak terhubung ?
    Jawab: VPN server itu jaringannya luas (international). Bila Anda koneksi ke jaringan internasional langsung, maka itu akan menghemat waktu dan kuota Anda. Namun kalau Anda memilih tidak terkoneksi ke server langsung/ melalui ISP lokal, itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menelusuri jaringan internet Internasional. Saya kasih contoh :

    Anda naik angkot(ISP lokal) ingin menuju ke Australia(Internasional). Pasti membutuhkan Waktu yang lama, dan boros kuota. Namun, kalau Anda pergi ke Australia(Internasional) Menggunakan Pesawat Terbang(VPN) Maka akan lebih cepat sampai dan lebih menghemat biaya.
  2. Kenapa VPN begitu aman dan rahasia ?

    jawab: Jawab: Karena prinsip VPN ini mengandalkan OSI layer pada model 2 dan 3. Yaitu Layer data-link yang berfungsi sebagai penjamin/memberikan kepastian bahwa paket data akan sampai seutuhnya pada penerima.  dan  Layer Network yang berfungsi untuk mengirim memperbaiki error pada paket data, mengirim kembali paket data yang rusak. 
  3. Apa itu Tunneling pada VPN ?
    Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel(terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu:PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.






2 comments: