Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.  Pada postingan kali ini, Saya akan memberi tahu cara mengatasi Virtual Machine (...

Mesin virtual hanya menampilkan 32bit OS




Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

 Pada postingan kali ini, Saya akan memberi tahu cara mengatasi Virtual Machine (Virtual box) yang hanya menampilkan opsi 32bit Operating System. Biasanya hal ini terjadi secara tiba-tiba. Misalnya kita telah menginstall suatu OS pada virtual Box. Tapi setelah di restart/ dimatikan, PC anda secara tiba-tiba hanya memunculkan 32bit Operating System. Atau bisa juga setelah Anda menginstall virtual box ini, hanya menampilkan 32bit OS. Sedangkan PC teman kalian menampilkan 64dan32bit OS. Artinya ada dua indikasi yaitu cacat setelah install Virtual box dan Cacat saat pemakaian secara tiba-tiba. Berikut saya akan mem beritahu Anda untuk mengatasi Virtual Box hanya menampilkan OS 32bit.

Attention!!!!

Ingat !!! Sebelum melakukan semua ini, pastikan dulu HOST 

OS atau OS yang akan dipasang adalah OS 64bit. Lanjut..


  1. .Dengan mengaktifkan fitur AMD-v bagi PC (Laptop/ Komputer) AMD atau Intel Virtualization Technology and VT-d pada PC Intel di  BIOS anda.

Caranya :
      •  Menuju ke BIOS. Caranya: matikan PC anda, lalu saat muncul kata bios di Layar, maka pencet tombol yang menuju BIOS( Misal= F2,F3,F10,F12,dsb)
      • Santai, jangan panik , lalu gunakan keyboard anda untuk mencari fitur Intel Virtualization Technology and VT-d atau AMD-v pada menu BIOS anda.
      • Bila sudah ketemu, ubah setting-annya menjadi “Enable” pada kedua fitur itu.
      • Exit, dan save changes . Dan komputer anda akan merestart sendiri. Dan buka kembali virtual-box anda.


2. Cara Kedua .
            Dengan Mematikan fitur Hyper-V pada settingan windows.
            Caranya :
  •      Tekan tombol “windows+q” agar pencarian kata langsung tertuju pada perintah sistem dan tidak mencari ke folder-folder yang lain.
  •      Lalu buka pada menu “Turn windows feature on or off”


  •      Lalu pastikan tidak men-centang pada bagian “Hyper-V”
  •      Lalu ok. Cobalah buka Virtual Box anda lagi.


3. RESET ULANG PC ANDA.  
Ingat, hanya reset ulang, tidak untuk membuat seluruh data/file pada Hardisk C: dan D: anda hilang . Reset ulang PC anda adalah hanya menghilangkan semua aplikasi dan game saja. Tapi settingan, folder, dan akun nya masih sama. Cuman aplikasinya aja di REMOVE. Bila anda tidak ingin kehilangan data/ save an aplikasi. Anda bisa meng-copy dari Program files dan Program files(x86) dari data disk C: ke Disk D: lalu menaruhnya kembali setelah proses Reset selesai.

Berikut caranya :
1.    Menuju settings, dan klik “Update&Security”

2.    Klik “Recovery” dan klik “Get Started” pada perintah “Reset this PC”

3.    Pada pilihan ini Anda akan dihadapkan oleh 2 pilihan. Adalah sebagai berikut :
a.    Keep my Files
Membuang semua aplikasi dan game. Hanya menghilangkan aplikasi yang ada di Program files dan Program Files (x86) Disk C: . Tidak menyebabkan file hilang/terhapus pada disk d:
b.    Remove Everything
Menghapus semua Data, aplikasi dan game, akun dll. Anda seperti membeli laptop baru

4.    Klik pada salah satu menu dan ikuti prosedurnya.


Sekian yang bisa saya share di blog ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Wassalamualaikum wr.wb


7 comments: