Lab. 1 Cisco : Pengenalan Mode Dalam Device Cisco Assalamualaikum wr. wb.  Sebagai pembuka dalam pembelajaran materi CCNA kali ini...

Lab. 1 Cisco : Pengenalan Mode Dalam Device Cisco


Lab. 1 Cisco : Pengenalan Mode Dalam Device Cisco

Assalamualaikum wr. wb. 
Sebagai pembuka dalam pembelajaran materi CCNA kali ini, Saya akan awali dengan berkenalan dengan setiap mode yang ada pada semua device cisco. Jadi pada setiap device cisco memiliki tingkatan tersendiri dalam melakukan konfigurasinya. Dan konfigurasi di setiap mode nya itu berbeda. Pada device Cisco sendiri ada 3 mode umum yaitu :

Maksud dari gambar diatas ialah Setiap mode itu diwakili oleh tanda yang berbeda setelah nama devicenya "host" . User mode diwakili tanda ">", Previlege Mode diwakili oleh tanda "#" , dan Global Configuration oleh kata = "(config)". 

Setelah Anda mengetahui 3 mode diatas. Mari kita coba berpindah dari 1 mode ke mode lainnya

Nah sudah tahu kan cara berpindahnya ? lanjut. Sekarang kita akan melihat, apa saja perintah yang ada pada setiap modenya. Oh iya, setiap mode itu memiliki perintah yang berbeda-beda dan tingkat privasi yang berbeda. 

Untuk mengetahui perintah yang ada disetiap mode kita bisa gunakan perintah “?”. Maka device Cisco akan menampilkan perintah apa saja dan penjelasannya yang ada pada mode tersebut. Seperti contoh berikut :

  • Perintah yang ada pada mode EXEC. Perintah lebih sedikit
  • Perintah yang ada pada mode Previlege. Lebih banyak mode ini deh kayaknya

  • Perintah yang ada pada mode Global Configure. Lebih sedikit, tapi lebih tinggi privasi atau keamanannya.


Demikian Lab 1 ini saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. 

Wassalamualaikum wr. wb









0 comments: