Assalamualaikum wr. Wb. Kita berjumpa lagi di blog ini, masih semangat belajar tentang Cisco -nya ? Semoga masih semangat ya. Semog...

Lab. 4 Cisco : Verifikasi perintah Show


Assalamualaikum wr. Wb.

Kita berjumpa lagi di blog ini, masih semangat belajar tentang Cisco -nya ? Semoga masih semangat ya. Semoga tuhan senantiasa membangkitkan semangat kita saat belajar sekarang ini ya , Aamiin. Sebelumnya Terimakasih sudah mau stay di blog kecil-kecilan ini. Karena kalau bukan karena kalian (pengunjung blog) yang senantiasa mampir, saya mungkin sudah off dari kapan tahu :D . 

Untuk beberapa pertanyaan yang datang sebelumnya. Saya akan jawab di artikel ini : 

1. Q : Kakak punya perangkat cisco sendiri ? itu konfignya gimana ?     
  A: Kakak pake aplikasi :D, namanya “Cisco Paket Tracer”. Sangat membantu untuk kita yang belum punya device Cisco untuk mencoba aplikasi ini. Jadi ini adalah aplikasi simulator seakan kita mengonfigurasi perangkat nyata -nya. Kalau gak punya alatnya, jangan nyerah. Masih banyak jalan menuju Roma :)

2. Q : Kak, itu konfigurasi lab. 1 dan lab.2 Bisa di switch gak ?
  A: Bisa kok. Untuk Lab.1 dan Lab. 2 Anda bisa mencoba nya pada switch dan router dari cisco. Nanti dalam postingan kedepan. Saya akan memisahkan antara materi routing (meng-konfigurasi router) dengan switching (meng-konfigurasi switch)

Sekian tanya jawabnya. Lanjut kemateri selanjutnya ....

Langsung saja, materinya tidak terlalu susah yaitu melakukan verifikasi dengan perintah SHOW” (Nyoba-nyoba perintah show :v ). Lets check this out !


Masih dengan Device yang sama, yaitu Cisco 2901. Lalu masuk ke Privilege Mode. Apa ? Lupa ? Biasaan _-_ Nih, dari awal buka CLI nya, lalu ketik “en”.
Lalu kita coba ketik “show ?” (Dengan spasi lalu tanda tanya) Maka akan muncul kumpulan perintah show.

Lalu ketik “show IP” dan coba tambahkan “?” pada akhir perintah(Namanya juga coba-coba :v ) . Maka akan keluar kumpulan perintah yang lebih mendetail 

Setelah Anda masukkan perintah “show ip interface” Makan akan muncul informasi IP yang berada pada setiap port di device tersebut. Berikut hasilnya 
perintah show juga dapat dilakukan dalam mode Global Configure. Caranya dengan menambahkan peritah "do" pada setiap perintah awal show. Contoh :

untuk penjelasannya, begini nih :
Karena port dari router Cisco 2901 belum dihubungkan oleh kabel UTP. Maka status nya disable (Yaiyalah, dipake juga enggak. Mau enable enable aja. Hihi) Kita akan membahas tentang status port pada Lab.19 . Keep waiting yaa...


Sekian dari saya. Semoga bermanfaat. Tetap semangat menuntut ilmu, walau susah, rumit, dan segala macam, tapi kalau kita terbiasa, insya allah. Allah akan memberikan jalannya :) . 

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: