Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Udah mulai masuk Lab. Basic Cisco tentang keamanan Router Cisco. Password bertujuan untuk menjag...

Lab. 6 Cisco : Setting atau konfigurasi Password di Router CIsco



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Udah mulai masuk Lab. Basic Cisco tentang keamanan Router Cisco. Password bertujuan untuk menjaga alat yang kita punya agar tidak dipakai sembarang orang. Intinya agar supaya router tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Password akan diminta saat kita ingin masuk ke dalam Mode Previlege. Langsung aja Cuusss !!!


Ada 2 macam tipe pemberian password di device Cisco (router dan switch), yaitu :

  1. Password : Memberikan password, namun tidak terenkripsi. Jadi lebih mudah dibobol oleh hacker (Walau tipe "password" ini bisa dirubah ke tipe "secret"

  2. Secret : Memberikan password sekaligus men-Enkripsi Passwordnya. Lebih sukar dibobol oleh hacker 

Udah tahu bedanya 2 tipe password di Device Cisco ? Yaudah langsung aja praktek



Masuk ke global configure lalu masukkan perintah set password :
"enable password ihsan123!"
"enable secret ican123!"
Sekarang coba verifikasi atau cek apakah password sudah terpasang dengan perintah "show run". Lalu cari baris "enable password dan enable secret.



Dari hasil verifikasi diatas dapat kita ketahui bahwa tipe secret lah yang di enkripsi sedangkan untuk tipe password tidak ter-enkripsi. Password yang tidak ter-enkripsi sangat mudah di bobol oleh hacker. Mau tidak mau, kita harus mengubah tipe "password" ini menjadi tipe "secret" juga agar password ter-enkripsi. Sekarang kita akan buat agar tipe password tersebut ter-enkripsi.  Caranya adalah dengan cara ketikkan perintah :

"service password-encryption"

Kemudian kita cek lagi dengan "show run" , maka akan tampil kalimat Service password-encryption, yang artinya  tipe password juga akan ter-enkripsi. Bisa dilihat dibagian enable password akan muncul bagian enkripsinya.



Kembali lagi ke 2 tipe password diatas. Nah, kita sudah set 2 password berbeda untuk 2 tipe password juga yang berbeda. Ya pokok-nya beda lah. Ketika kita ingin mengakses router, tipe password mana yang akan digunakan ? Secret atau Password ? Kenapa karena tipe Secret lah yang ter-enkripsi , jadi router akan menganggap itu lah yang paling aman. Meskipun kita buat enkripsi di jenis password tetep saja akan memilih yang Secret. Untuk pembuktian silahkan coba exit ke Mode User EXEC Mode. Kemudian masuk ke mode Privilege seperti dibawah ini.






Oke sekarang kalian sudah tau bagaimana cara membuat password di Router Cisco dengan 2 cara. Dan kalian juga udah tau yang mana yang lebih aman , dan yang mana yang lebih diutamakan oleh router cisco. Karena kalian sudah bisa maka saya tutup lab ini dengan mengucap , Alhamdulillah.
Oke sekian dulu




0 comments: