Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Kembali ke blog ini. Masih melanjutkan materi ADDS dan DNS atau Join domain. Kali ini saya a...

Open Suse Leap : Cara join domain di Open Suse dengan Yast


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Kembali ke blog ini. Masih melanjutkan materi ADDS dan DNS atau Join domain. Kali ini saya akan share cara join domain di Open Suse Leap. Berdasarkan dengan akun/user yang dibuat di Windows Server 2012 . Lihat konfigurasi ADDS dan DNS untuk domain disini


Saya menggunakan virtual box untuk OS Windows Server 2012 dan Open suse dengan network "Internal Network". Windows Server harus dalam keadaan ON agar client dapat bisa terhubung pada domain Windows Server 2012.

Pertama-tama, kita harus setting IP terlebih dahulu sesuai dengan akun yang dibuat di Windows Server 2012. 




Begini cara setting IP nya:
  1.  Buka YaST





  2. Klik "Network Settings"




  3. Klik "Edit"




  4. Atur IP Nya sesuai dengan akun di Windows Server





  5. Klik "Next" dan tunggu. IP anda telah selesai di konfigurasi







Sekarang kita coba join domain di Open Suse

  1. Buka Yast terlebih dahulu. Lalu klik "Windows Domain Membership" di bagian "Network"
     


  2. Lalu akan muncul tampilan seperti ini.




  3. Isi pada kolom "Domain or Workgroup" dengan nama domain kita yang telah di set pada Windows Server 2012. "ihsan.com". Centang pada konfigurasi "Use SMB Information for Linux Authentication" agar linux langsung secara otomatis meminta join pada Windows Server 2012 (Server). Dan centang klik "Create Home Directory Login" untuk meminta membuat shortcut direktori sharing (File berbagi) dari server.


     

  4. Install aja.. Jangan lupa masukkan CD/DVD bootable Opensuse.




  5. I will be right here waiting for you...



  6. Sekarang adalah verifikasi untuk join ke domain ihsan.com



  7. Sama seperti join domain pada windows 10. Masukkan username server dan password yang di set saat menginstall fitur ADDS dan DNS pada Windows Server 2012.



  8. Oke Sukses Gannnn...



  9.  Apakah anda ingin menonaktifkan login automatis yang sudah secara default konfigurasi "login automatis" ada di ADDS Windows Server 2012 ?



  10.  Nah, sekarang tinggal verifikasi aja. Nih gan cara checknya. Buka Yast > Network > Samba Server > Identity. Dan lihat apakah nama domain yang tadi kita bergabung didalamnya, ada atau tidak

Selesai materi join domain kita. Gimana mudah kan ?
Domain berfungsi sebagai KTP untuk PC kita. Bila kita mengakses sebuah jaringan luar. Maka yang terdeteksi IP nya/ nama PC nya adalah PC server.

Sekian dari saya


Wassalamualaikum wr. wb.

0 comments: