Assalamua'alaikum warahmatullah wabarakatuh Balik lagi nih ke Blog kesayangan kita :v. Masih di materi Sysadmin, kali ini ane...

CentOS 7 : Konfigurasi NTP di Centos 7



Assalamua'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Balik lagi nih ke Blog kesayangan kita :v. Masih di materi Sysadmin, kali ini ane mau share tentang NTP. Sebelum masuk ke materi, ane mau coba kasih dulu contoh penerapan NTP dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh
Pernahkah anda memperhatikan bagaimana HP anda melakukan singkronisasi terhadap waktu ? misal anda pindah dari kota Jakarta, ke kota Riau. Pasti hape anda akan melakukan singkronisasi secara otomatis untuk memberikan informasi ter-update mengenai waktu setempat. Nah prinsip NTP ini kurang lebih mirip seperti itu. NTP berfungsi untuk menyebarkan informasi mengenai waktu dalam suatu jaringan. Konfigurasi NTP ini disebarkan melalui DHCP Server. Dam konfigurasi ini disebarkan berbarengan dengan DNS, IP DHCP. 

Pengertian NTP

Network Time Protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP adalah sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja. 

Begini penjelasan singkatnyaaa
NTP adalah suatu konfigurasi dalam sebuah jaringan yang berfungsi atau digunakan untuk meng-sinkronisasi waktu (pusat pengaturan waktu) dalam suatu sistem komputer dan jaringan. Konfigurasi ini disebarkan melalui protokol UDP. Melalui switch, router, atau server.

Nah udah tau kan ? sekarang kita ke praktek.. 
  1. Install semua paket dari NTP nya.. Pastikan sudah login menggunakan Super User / root. Dan install aplikasi NTP pada CentOS.
    "yum install ntp -y"


  2. Lalu buka situs ntp.org dan cari waktu negara Indonesia. Lihatlah ada script NTP di bagian atas web tersebut.



  3.  Buka file ntp.conf untuk langsung mengkonfigurasi NTP Nya
    ~ nano /etc/ntp.conf



  4.  Nah ente scroll ke bawah sampe ketemu sintak ini. Sintak ini harus dirubah ya gan


  5.  Ubah menjadi seperti ini




    *Maksud sintak restrict adalah, server membatasi sebuah network (network client) untuk melakukan sinkronisasi dengan server, sedangkan maksud nomodify adalah mencegah adanya perubahan terhadap konfigurasinya. 

    *Jangan lupa tambahkan yang tertera pada server ntp.org dan copi ke dalam script.


    *JANGAN LUPA TAMBAHKAN "IBURST".

  6. Lalu jalankan aplikasi dan aktifkan melalui perintah
    "systemctl start ntpd"
    "systemctl enable ntpd"

    *Bila muncul tulisan tidak karuan, silahkan ulangi perintahnya


  7. Karena ini berhubungan dengan mengambil data didalam CentOS, agar tidak terblokir oleh firewallnya. Maka kita daftarkan NTP di daftar aplikasi yang boleh melewati firewall. Lalu refresh firewall nya dengan perintah
    "firewall-cmd --add-service=ntp --permanent"
    "firewall-cmd --reload


  8.  Cek apakah NTP sudah bisa digunakan dengan perintah
    "ntpq -p"


     Untuk memverifikasinya, saya disini menggunakan 2 cara, yaitu pertama dengan perintah ntpq -p.
    Perintah ini bertujuan untuk menampilkan daftar peers yang diketahui oleh server serta rangkuman ntp pool di sebuah negara (zona waktu)
  9.  Dan coba cek waktu yang sudah dikonfigurasi dan singkronisasikan tadi dengan perintah
    "date -R"


    * Kemudian dengan perintah date -R yaitu untuk menampilkan waktu pada server berdasarkan STRING, nah hasilnya terlihat bahwa format waktu pada server yaitu hari, tanggal, bulan, tahun, jam:menit:detik dan zona waktu yaitu GMT +7

Nah sekarang ke pengujian Client-nya


  • Linux (Kali Linux)
    -BUKA KONFIGURASI NTP DENGAN PERINTAH SEPERTI INI


    -LALU TAMBAHKAN IP PADA PC KALI LINUX ANDA DIBAWAH SINTAK INI


    -MASUKKAN PERINTAH


    -KONFIRMASI APAKAH NTP SUDAH TERSINGKRONKAN YAITU DENGAN PERINTAH

  • Windows
    Berikut adalah cara mengsinkronisasikan NTP di windows 10. Kalau untuk windows 7,8, atau berapalah.. Tinggal sesuaikan aja ya

    Pertama-tama,  klik kanan jam pada taskbar -> Change Date and Time Setting -> Internet Time -> Change Settings.. -> Masukkan IP Server NTP -> kemudian klik update now.



Udah itu aja ,, tetep semangat oprek. Jangan patah semangat untuk belajar. Apapun pelajaran yang baik, yang dapat diamalkan dengan kebaikan, maka pelajarilah, laksanakan, dan amalkanlah dalam kehidupan anda sehari hari


Wassalamualaikum wr wb

0 comments: