Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Tsahh balik lagi nih gan.. Walau TS gak sekolah, ternyata gak membebaskan ane dari ...

Istilah Dalam Jaringan (Networking) : IP Address, IP Public, dan IP Private


 Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Tsahh balik lagi nih gan.. Walau TS gak sekolah, ternyata gak membebaskan ane dari jeratan tugas nge-blog yang !@#$%^&&*..


Kali ini ane mau Post beberapa istilah dalam jurusan TKJ. Di sekolah saya, didalam jurusan TKJ itu dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Networking dan Sysadmin. Networking itu lebih dikhususkan pada alat-alat jaringan seperti router, switch, dll. Kalau Sysadmin dikhususkan lebih ke penanganan server. Berhubung ini juga tugas, dan saya juga gak tahan ingin berbagi ilmu. Yo wess,, ini nih istilah istilah di dalam jaringan yang perlu ente ketahui (Sysadmin dan Networking).

Didalam jaringan, kita tidak akan asing dengan yang namanya IP (Internet Protocol) address. Teorinya begini, bila kita mengirim paket, maka kita harus tau terlebih dahulu tujuan dari paket itu. Bila kita tak tahu tujuannya maka paket tersebut tidak akan pernah sampai. Nah, begitulah IP Address. IP Address berfungsi sebagai alamat sebuah perangkat yang terhubung ke Internet atau sebuah jaringan. 

Didalam sebuah IP address, kita mengenal beberapa istilah dan pengertian, diantaranya : 
  • Saat kita mengisi IP Address (Alamat perangkat) secara manual. Maka kita akan dihadapkan dengan subnet Mask terdiri dari 32 bit bilangan biner (0 "nol" dan 1 "satu") dan dijadikan menggunakan angka penulisan desimal. Angka maksimal IP adalah 256 yang diisikan pada kolom IP Address v4 yang dibagi menjadi 4 kolom.
     255.255.255.0  = 11111111.11111111.11111111.00000000
                            kolom 1 . kolom 2 . kolom3 . kolom 4
  • IP Network Address adalah sebuah ip untuk mengidentifikasikan sebuah jaringan yang nantinya IP Valid (IP yang bisa digunakan) akan membagi IP sesuai netmask. Ibaratkan nih, IP Network itu kapten dari sebuah jaringan. Nah IP Valid adalah anak buah dari IP Network (IP yang dapat digunakan). Bila IP network ini digunakan, maka satu jaringan itu akan kacau dan tidak saling terkoneksi. Biasanya Host dari address tersebut diisi dengan angka biner 0 (Pokoknya yang IP nya nol itu Network :v). Contoh 172.168.1.0 Address tersebut memiliki Host ID dengan biner 00000000
  • IP Broadcast Address digunakan untuk cek IP address yang berada dalam jaringan tertentu dan berfungsi untuk share ke seluruh IP bila ada IP baru yang terdaftar.
  • Didalam IP Address kita mengenal istilah Network ID dan Host ID.
    172.168.1.20 = - 172.168.1 adalah Network ID
                        - 20 adalah Host IDIbaratkan, Network ID itu ialah Blok, RT, atau RW dari suatu jaringan. Dan Host ID adalah nomer rumahnya
  • Gateway adalah IP dalam jaringan tersebut yang terhubung ke Internet. Biasanya Gateway adalah IP router atau IP Server yang terhubung dengan IP public yang diberikan oleh ISP.








Nah berikut beberapa jenis dari IP Address : 

  1.  IP Public
    Yaitu sebuah IP yang biasa didapatkan dari penyedia ISP dan dijamin bahwa IP tersebut unik dan tidak ada yang memiliki IP tersebut selain anda dan terdaftar di jaringan internasional. IP ini diPINJAMKAN oleh ISP pada pelanggan. Ini langsung bisa terhubung ke akses Internet sesuai dengan kebutuhan. Nah IP publik ini biasanya digunakan para penyedia layanan WEB agar website mereka dapat dilihat oleh orang-orang dari seluruh dunia dan mendapatkan uang dari hasil iklan yang dipasang pada website nya.


  2. IP Private
    Yaitu IP yang digunakan oleh jaringan LAN (misal : Kantor). IP ini hanya bisa terhubung ke sesama PC di wilayah LAN itu sendiri. Bisa untuk sekedar sharing file, ataupun informasi. Namun, bila ia mendapatkan koneksi ke internet dengan menggunakan NAT (Network Address Translation) yang terdapat pada router, switch, atau server. Maka satu jaringan LAN itu bisa terhubung ke Internet. Kuncinya ada di NAT.
Nah sekarang kita bahas lebih lanjut yang satu itu, IP Public. 

*Gambar Cuman Pemanis

IP Public, biasanya didapatkan dari penyedia layanan ISP. Dan biasanya harga IP public ini sedikit lebih mahal dari IP local. Kayak gimana sih IP Public itu ? IP public berbeda dengan IP yang biasa ente beli murah di ISP. IP public biasa digunakan bagi perusahaan besar untuk memperomosikan Website mereka. Dan biasanya, website yang sudah terkenal seperti Ganool.is, berisi banyak sekali iklan yang dapat menghasilkan uang bagi si pemilik website. Nah IP Public ini juga bisa digunakan untuk meremote sebuah perangkat jarak jauh. Sangat banyak sekali kegunaan IP public ini, namun itu juga sebanding dengan harga yang dikeluarkan untuk memperoleh IP istimewa ini. 

Karena jaringan internasional dapat mengetahui IP ini. Semakin besar pula tingkat kerentanan IP public tersebut untuk diretas. Hacker menyerang sebuah website misalnya, lalu yang pertama ia cari adalah IP dari website tersebut. Untuk itu bagi anda yang mempunyai IP Public ini, saya sangat sarankan untuk memasang proteksi keamanan pada perangkat anda agar tidak ada sembarang orang yang mengakses Perangkat anda melalui IP tersebut.

Dengan harga yang lumayan lebih tinggi dari IP yang biasa didapat dari ISP. Seharusnya tingkat keamanan untuk pengguna IP Public ini juga harus seimbang. 




IP PRIVATE




IP Private adalah IP yang bisa diset sesuka hati dan hanya dipakai didalam LAN. IP ini bisa kita tentukan sesuka hati mulai dari Class nya, subnet nya, dll sesuai dengan kebutuhan kita. Ini sangat berbeda dengan IP Public yang didapat hanya "meminjam" IP dari ISP agar terhubung ke Internet. 

Tentu jika kita ingin menggunakan IP Private ini, ini hanya bisa terkoneksi dalam satu jaringan atau LAN. IP Private ini tidak bisa terkoneksi ke Internet kalau tidak ada gateway. Ya pengertian Gateway bisa dilihat diatas. Dan juga bisa terkoneksi kalau ada NAT di dalam LAN itu. Misal ada sebuah router yang di set IP Public. Namun ia ingin membagikan koneksi internet di dalam ruangan itu. Akhirnya dipasanglah NAT pada router tersebut. Mungkin penjelasan NAT itu bisa ane share lain waktu.


Cukup sekian
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh



0 comments: