Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan para sahabat ketika keluar menuju...

Kajian : Doa Ziarah Kubur Shahih


Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan para sahabat ketika keluar menuju kubur dengan membaca doa di atas. Hadits di atas dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya.


 السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ
ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIIN WAL MUSLIM, WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN, WA AS-ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH. 


“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (HR. Muslim, no. 975)


Adapun do'a lain, adalah doa memintakan ampun kepada si mayyit, berdoa untuk meminta keselamatan dunia akhirat, doa terhindar dari azab kubur bagi si mayyit dan penziarah.
Adapun waktu khusus atau istimewa ziarah kubur, tidak pernah dibenarkan oleh syari'at. Karena ziarah boleh kapan saja.




Saya menyarankan untuk berziarah-lah ketika iman sedang turun, karena kita akan termotivasi untuk ibadah jika ingat mati (ceramah ust. Abdul Somad)
Sumber Ceramah :- Ziarah Kubur: Tata Cara Ziarah Kubur & Adab Ziarah Kubur - Panduan Ibadah dan Adab dengan Ilustrasi - Yufid.tv- https://rumaysho.com/14599-doa-ziarah-kubur-dan-faedahnya.htmlx

2 comments: