Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Ciie, balik lagi bersama saya, saya akan share kali ini mengenai instalasi squirrelmail ...

Windows Server 2012 : Instalasi Squirrelmail dengan XAMPP di windows server


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Ciie, balik lagi bersama saya, saya akan share kali ini mengenai instalasi squirrelmail dengan XAMPP di Windows Server 2012. Mau tau caranya ??? Cekidoott....


XAMPP ?

XAMPP (/[unsupported input]ˈzæmp/ atau /ˈɛks.æmp/[1]) adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP ServerMySQLdatabase, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), ApacheMySQLPHP dan PerlProgram ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Squirrelmail ?

Squirrelmail adalah salah satu aplikasi web yang sudah terpasang di CPanel untuk keperluan membaca email. Adalah aplikasi webmail yang mendukung protokol IMAP dan SMTP dan menampilkan halaman dalam format HTML tanpa membutuhkan javascript, sehingga bisa dengan mudah diakses menggunakan browser apapun dan sangat ringan.



+=~-____TOPOLOGI____-~=+





Bahan yang diperlukan :


    1. 1. Windows Server 2012
    2. 2. Aplikasi Notepad++
    3. 3. XAMPP
    4. 4. Domain untuk mail
    5. 5. Konfigurasi MailServer


Step yang akan kita bahas :

        1. 1. Install dan Konfigurasi Squirrelmail dan Xampp
        2. 2. Ujicoba



PASTIKAN ANDA MENGINSTALL 2 APLIKASI DIBAWAH INI




Instalasi dan Konfigurasi Squirrelmail

1. Download Squirrelmail nya, dan ekstrak.



2. Menuju ke Squirrelmail > config > config_default.php



3. File config_default.php kita rename menjadi "config.php"



4. Lalu buka dengan Notepad++



5. Menuju ke baris "35" pada kata "$org_name =" kita masukkan nama yang nanti akan terpampang dengan jelas pada BANNER SQUIRRELMAIL.



6. Menuju ke baris "118" pada kata "$domain". Isikan domain utama anda.



7. Menuju ke baris "146" pada kata "smtpServerAddress". Kita isikan nama domain mail server kita. Sintak ini berfungsi untuk menentukan kearah mana protokol SMTP diarahkan.



8. Menuju ke baris "202" pada kata "$imapServerAddress". Kita masukkan domain mail kita, terserah bisa domain atau IP Address. Sintak ini berfungsi untuk mengarahkan, kemana port IMAP akan diteruskan.



9. "$data_dir" pada baris ke 499. Sintak yang berfungsi sebagai penyimpanan cache dari Mail. Berisi aktifitas mail. NANTI KITA AKAN BUATKAN FOLDER BARUNYA DI "C:/"



10. Menuju baris "517" pada kata "$attachment_dir". Sintak ini berfungsi untuk menentukan penyimpanan attachment saat mail sedang dikirim. Ya mirip mirip cache gitu dah. NANTI KITA AKAN BUATKAN FOLDER BARUNYA DI "C:/". Dan Simpan (CTRL + S)



11.Lalu kita buat folder yang sama seperti tadi.



12. Jangan lupa juga isinya.



13. Setelah sudah, sekarang Kita pindahkan, hasil EKSTRAKAN squirrelmail tersebut ke folder htdocs XAMPP. yaitu > C: > xampp > htdocs.



14. Agar mempermudah saat melakukan pemanggilan melalui web nanti.. mail.ihsan.com/squirrelmail. Maka kita ganti namanya (rename) menjadi squirrelmail




15. Dan jalankan XAMPP nya.. Bila anda menemukan trouble >>> KOMENTAR.






UJICOBA CLIENT

1.Sekarang kita akan coba akses MailServer Webbased Squirrelmailnya. Coba panggil dengan domainnya dan tambahkan direktori (nama domain)/squirrelmail.





2. AHAYYYY... ADA NAMA GW YANG BAGUSS TUH DI SQUIRRELMAIL. kwkwkw. Silahkan login dengan user yang ada pada MailServer




3. OLOH OLOHH... BISA LOGIN KAN ??? YEASHHH...




4. Sekarang saya akan coba kirim email ke user yang lain dengan mengklik "Compose"






5. Coba login dengan user yang telah dikirimi email



Cyaa... adakan ??? huhuhuhu

1 comment: