Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Hay ? saya akan share cara menggunakan  Mozilla Thunderbird dengan berdasarkan akun pada...

Windows Server 2012 : Uji Coba Mail Server Dengan Thunderbird


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Hay ? saya akan share cara menggunakan  Mozilla Thunderbird dengan berdasarkan akun pada MailServer yang telah saya buat. Kita akan bahas pengertian Aplikasi Thunderbird ini..

Aplikasi Thunderbird

Adalah aplikasi untuk mengatur e-mail anda. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, User Friendly, dan sangat sangat mudah digunakan. Aplikasi ini juga gratiiiss tiiiss tiiisss.... Lalu anda juga akan mendapatkan update aplikasi secara berkala, full fituuurr dahh,


Step by step yang akan dibahas :


    1. 1. Install Aplikasi Thunderbird
    2. 2. Menambahkan akun Thunderbird berdasarkan akun MailServer
    3. 3. Testing kirim e-mail


Topologi 



Anda bisa Unduh Mozilla Thunderbird disini

https://www.mozilla.org/id/thunderbird/


Instalasi dan Konfigurasi Thunderbird


 1. Unduh Thunderbird terlebih dahulu



2. Install Thunderbirdnya..




3. Setelah diinstall.. Lalu buka aplikasi nya. Anda akan disuguhi layar seperti ini. Saya memilih "Lewati saja.." karena saya akan menggunakan akun dari Mail Server saya sendiri.



4. Lalu masukkan "nama" beserta akun email dan password nya berdasarkan akun mail server anda pada ihsan.com



5. Nah, akan muncul settingan lanjutan.. Pilih "IMAP" dan "Selesai".



6. Karena MailServer saya baru jadi, dan belum di konfigurasi macem-macem. Pada step ini saya mencentang "Saya memahami risikonya" dan "Selesai". Dan penambahan akun anda pun sudah selesai.



7. Jangan lupa tambahkan akun lain. Dan masukkan dengan user nya.



8. Liat di menu sebelah kiri. Bahwa 2 email yang sudah saya tambahkan, telah berhasil. Saya akan menggunakan akun "ican@ihsan.com" untuk mengirim email pada akun mail "xianjeng@ihsan.com". Saya "Tulis pesan baru".



9. Arahkan kepada email yang dituju. Isi pula Subjek nya dan isi kontennya. Bebas aja lah yakkkk... Lalu "Send"



10. Lalu buka akun lain, apakah email sudah diterima atau belum..... CEK CEK CEK... Ternyata ada :v

0 comments: