Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Hai! Saya akan share cara menggunakan Windows Live Mail. Aplikasi pengatur email pribadi a...

Windows Server 2012 : Uji Coba Mail Server Menggunakan Windows Live Mail

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Hai! Saya akan share cara menggunakan Windows Live Mail. Aplikasi pengatur email pribadi anda.. Cekiiidooottt

Tentang Windows Live Mail

Adalah aplikasi pengatur email pribadi anda dari Microsoft. Aplikasi ini gratiss disediakan windows untuk para pelanggannya. Anda bisa mengatur email anda, berbagi, dengan UI yang modern, tidak norak, dan terlihat agak minimalis. Tapi soal performa?? Waduh waduhh,, nendang abiiiss..


~>....TOPOLOGI....<~


Bahan yang akan saya gunakan :


    1. 1. Windows Server 2012 Datacenter
    2. 2. Aplikasi Windows Mail nya
    3. 3. Konfigurasi MailServer



Step yang akan kita bahas


    • - Instalasi dan Konfigurasi Windows Live Mail
    • - Ujicoba pada client

Instalasi dan Konfigurasi Awal Windows Live Mail


1. Unduh Windows Live Mail nya..



2. Install dan "Accept".



3. Nah, Pilih programs nya hanya "Mail" saja. Karena saya hanya butuh itu :v



4. Setelah finish, buka aplikasi nya.



5. Tambahkan akum email anda bserta nama anda untuk email ini pada aplikasi Windows Mail ini.



6. Dan atur seperti dibawah. Kenapa saya tidak menggunakan protocol "POP3" ? Ya namanya juga baru ngetes ngetes aja gan :v udah gitu, ane lebih seneng kalau data email itu tersimpan rapih hanya di server, si client hanya tinggal membuka email tanpa harus menyimpan datanya di PC Client. Lalu isikan ID berdasarkan akun MailServer nya. Untuk incoming dan outgoing, anda bisa menggunakan domain. Misal "mail.ihsan.com" atau menggunakan IP "15.15.15.15". Selesailah akun pertama ditambahkan



7. Tambahkan email lain.. Dan masih menggunakan cara yang sama :v Isikan User Mail Server anda dan juga password nya. Dan isikan nama yang akan muncul sebagai hostname dari email anda di aplikasi ini.



8. Untuk protokol nya, kitamasih menggunakan IMAP yaakk... Untuk Outgoing dan incoming server, saya menggunakan Domain aja, biar cepettt :v




Ujicoba Kirim Email

1. Buat email baru untuk akun "ihsan@mail.com". Saya akan mengirim ke "xianjeng@ihsan.com". Untuk subjek dan Konten, bebaskan sajalaahhh.....



2. Cek pada si penerima alias "Xianjeng@ihsan.com". Apakah sudah diterima emailnya atau belum... Dan ternyata sudah :)




0 comments: