Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh ciee balik lagi nih bareng admin. admin mau share nih masih di bab apache :3 . mat...

CentOS 7 : 8.7 Enable Basic Authentication di Apache Centos 7


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh


ciee balik lagi nih bareng admin. admin mau share nih masih di bab apache :3 . materi ini bakal mentok kalau udah sampe backend ya gan :v . masih jauuuuhhhhhhh

mau share aja nih tentang cara enable basic authentication. Pernahkan anda akses ftp lewat browser ?? tapi modeloginnya itu basic authentication ?? yang muncul pop up untuk user loginnya ?? yap seperti itu lah. Tapi yang inikhusus membahas cara enable basic authentication untuk web server. Jadi biar gak sembarang orang akses web server kita.




buat file baru untuk konfigurasinya.





Lalu isikan seperti berikut. Karena saya akan menggunakan domain www.networknjay.com  maka saya akan menambahkan direktori domain tersebut yang berada pada direktori "/var/www/html".
 (direktori www.networknjay.com)





 AuthType adalah tipe dari autentikasi nya, saya memilih basic sesuai dengan bab kita. AuthName "Basic Authentication" untuk nama nya (bebas). AuthUserFile yaitu lokasidefault basic autentikasinya. Require valid-user maksudnya untuk meniadakan adanya user anonymous.















Buat user untuk web servernya. masukkan direktori dari htpasswd nya dan user untuk loginnya.




Buar index untuk basic autentikasi nya.




Lalu isikan index nya. Saya copas aja yak biar cepet




Restart httpd atau apache nya untuk mengsingkronisasikan konfigurasi terbaru nya.




Lalu akses web servernya dengan url nama domain anda yang telah di set tadi. Dan masukkan user.




Web sudah bisa diakses



0 comments: