Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakartuh Ciiee balik lagi bersama ane di blog kesayangan ane yaitu blog yang katanya sysadmin :...

Mikrotik : Mikrotik dapet hotspot dari Hape

 
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakartuh

Ciiee balik lagi bersama ane di blog kesayangan ane yaitu blog yang katanya sysadmin :3. BTW, ane mau share nih, buat kalian yang punya mikrotik RB yang ada wireless nya. Pernah gak sih indihome anda down ? atau isp anda bermasalah ? sementaradalam satu rumah masih banyak yang membutuhkan koneksi internet. Yap ane punya solusinya. Yaitu kita koneksiin wifi hp ke mikrotik rb yang ada wirelessnya. Cekidooootttt




Koneksikan ke Wifi HP


Secara default, interface wireless mikrotik itu belum on. Maka kita nyalakan terlebih dahulu. Dan kita cek apakah interface wlan nya sudah berjalan atau belum.



 Nah sekarang kita tambahkan Security Profiles beserta namanya, lalu mode-nya, authentication dan wpa-pre-shared key. Masing masing dari perintah ini memiliki fungsi
 Keterangan :
"Security Profiles"  salah satu fitur pada Mikrotik untuk menambahkan metode autentikasi menggunakan enkripsi dynamic key : WPA/WPA2 dan static key : WAP. Penggunaan enkripsi yang disarankan yaitu WAP2 PSK + tkip + aes con.
"mode" adalah metode jenis enkripsi wireless nya
"authentication type" adalah tipe enkripsi nya.
"wpa2-pre-shared-key" adalah password dari target Wireless yang akan dikoneksikan




Lalu kita set wireless lan nya. Untuk konfigurasi ini saya memilih mode station, band nya standard yaotu 2ghz-b/g/n, dan menggunakan security profiles yang udah ane buat tadi.
 "Mode=station" ini adalah mode dari wlan nya. Masih banyak mode lain seperti AP-Bridge, bridge, dll. Bisa di cek di link http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=47. Saya menggunakan station karena sebagai client dari PTP hotspot hape ane. Karena kita gak perlu bridge-bridgean, biar simpel pake ini.
"band=2ghz-b/g/n"  Karena band ini bekerja di frekuensi 2,4Ghz. Menggunakan protokol 802.11b, 802.11g dan 802.11n. Pengembangan dari standart protokol 802.11, ditambah dengan kemampuan multiple-input multiple-output (MIMO). Dengan tambahan fitur MIMO ini, secara teori maksimal data rate yang bisa dicapai adalah 300 Mbit/s.  lihat disini http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=70
 "Security-profile" ya keamanan yang udah kita buat tadi. Kayak key gitu modelnya.



 Nah sekarang kita edit dikit interface wlan nya yak.





Lalu isikan nama SSID dari  hotspot anda.




Kita coba liat, apakah konfigurasi sudah benar dan berjalan semestinya atau belum dengan perintah.




Nah, tadi kan udah konek tuh wifi nya. Tapi dari wlan nya belum ada ip nya. Mari kita ambil secara dhcp untuk interface wlannya, dan kita tambahkan gateway nya secara default, gak lupa DNS nya yak.




Kita cek IP DHCP-Client nya apakah sudah berjalan atau belum. Rupanyaaaaaaaaa..... Belum berjalan :v tapi konfigurasi nya sudah dibuat.




Yayyy,, kita cek HP nya, udah ada yang konek belum




Lalu kita enable ip dhcp nya sesuaikan number dengan 0


 Ping Google.com dehhhh..


0 comments: