Assalamu'alakum warahmatullah wabarakatuh Ysaaahhh :v balik lagi diblog yang katanya sysadmin ini, ane mau share nih cara upgarde d...

Mikrotik : Upgrade Dan Downgrade RouterOS

Assalamu'alakum warahmatullah wabarakatuh

Ysaaahhh :v balik lagi diblog yang katanya sysadmin ini, ane mau share nih cara upgarde downgrade router os mikrotik. BTW, ane sekarang akan mulai upload materi TKJ untuk sedekar MEMENUHI TUGAS. Dan yass alhamdulillah, sekarang materi Networking ini bisa lah kalian ambil ilmunya perlahan. Tenang, semua materi TKJ nanti akan kebagian semua kok. Cikidiwww..

Nah disini yang ane perlukan adalah file NPK. Ya bisa lah anda download https://mikrotik.com/download Download file router os nya berdasarkan RB yang anda punya yak. KALAU MISAL BEDA VERSI, GAK AKAN BISA UPGRADE DOWNGRADE gan. 


Ini nih versi awal mikrotik ane gan. 

- CPU nya bertipe MIPS 24Kc
- Architecture nya itu adalah smips
- Versi RouterOS nya adalah 6.7.35






Baiklah karena emang waktu nya udah mepet, cekidot... Buka "File > (Akan muncul File List)" lalu drag and drop dari file windows ke dalam file list-nya.




I will be right here waiting for youuuu




Setelah terupload file router os nya, sekarang kita restart atau reboot atau start ulang router kesayangan kita ini. "System > Reboot"




Nanti dia bakal bunyi "beeeep" menandakan si router sedang upgrade softwarenya. Setelah menunggu sekitar 2 menit. Router sudah bisa diakses kembali. Mari kita buka "System > Resources" Dan lihat apakah Versi dari router OS anda sudah terupgrade atau belum.




Downgrade RouterOS

Ciee,, mungkin router OS versi terbaru milik anda kurang stabil atau bagaimana gitu, sehingga membuat anda ingin men-down-grade RouterOS anda. Berikut adalah tutorial nya.

Buka "System > Packages" Lalu akan muncul jendela




Lalu klik "Downgrade" dan "Reboot" router anda. Dan waiting sekitar 2 menit.





 Setelah mikrotik nya di downgrade, maka kita bisa cek versi nya lagi dengan menuju ke "System > Resources".




Dan berikut adalah versi yang telah di downgrade

0 comments: