Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh CIeee balik lagi ke sysadmin yang satu ini. Mau share nih cara buat user directory untuk...

CentOS 7 : 8.4 Web Server Enable UserDir Apache CentOS

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

CIeee balik lagi ke sysadmin yang satu ini. Mau share nih cara buat user directory untuk APache nih. Prinsip kerja nya hampir mirip kayak hostingan gitu. Buat kalian yang udah pernah berlangganan hosting dan domainnya. Pasti bakal dikirimin user dan password untuk mengakses, menambah, mengedit web server anda sendiri. Nah hal itu lah yang akan kita coba di Lab ini. User Direktori\


Ngelanjutin Lab sebelumnya, tolong, kalau baca jangan di longkap longkap. Biar paham gitu gan :'v. Lanjut ah ke konfigurasinya.

Buat user baru yang otomatis akan membuat sebuah direktori user pada home nanti nya. Masukkan juga passwordnya.




Nah, berhubung userdir ini sudah tersedia default dari apache nya. Kita tinggal konfigurasi aja dikit.



Menuju ke baris "17" pada kata "UserDir".




Nah sekarang kita ganti kata disable menjadi "enable"




Lalu menujut ke baris "24" dan uncommand atau singkirkan pagar pada "UserDir public_html". Public_html disini adalah nama folder yang nanti harus ADA pada direktori user. Anda bisa mengeditnya sesuka hati.




Menuju ke baris "31" pada kata "<Directory ...blabla" . Kita akan editt sedikit ya untuk AllowOverride nya dan Options.



Karena pada awalnya AllowOverride adalah sebuah konfigurasi untuk melimit, membatasi, index nya harus sang user "Root" yang hanya bisa membuat. Nah dengan mengganti menjadi "AllowOverride All" menjadi itu. Maka akses untuk direktori public tersebut akan dikendalikan oleh user itu sendiri. Gak cukup sampe disitu, nanti kita akan kasih permissions juga setelah ini. 

Dan pada Options nya menjadi "None"




Simpan, lalu restart httpd-nya.




Buat direktori "public_html" pada direktori user. Berikan permissions agar selain root dapat mengakses file tersebut. Dan "Chown" berfungsi agar si User "Tamvan" dapat memiliki akses penuh terhadap direktorinya sendiri tanpa perlu menjadi SuperUser.




Pemberian izin secara rekursif (recursive) "chcon -R" berguna agar SElinux dapat mengizinkan klien web server untuk dapat diakses.



Sekarang kita buat index untuk Public_html nya. 




Lalu chmod atau berikan permissions atau izin agar orang-orang dapat mengakses index anda dengan bebas.




Izinkan SElinux agar dapat menjalankan konten yang berada pada userdir.


Lalu akses user anda.



0 comments: