Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh  Ciieee,, balik lagi ke blog kesayangan kitaaahhh :v kali ini TS mau share nih cara ...

Mikrotik Go MTCNA : Akses Mikrotik




Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh


 Ciieee,, balik lagi ke blog kesayangan kitaaahhh :v kali ini TS mau share nih cara apa aja yang bisa untuk akses Mikocokss,, eithh mikrotik maksud gw. Hufftt sibuk sama laporan, juga sibuk sama yang namanya presentasi, dan sekarang ane harus ngeblog minimal 10 post dalam seminggu :'v. Materi sysadmin, networking, tips dan trick dan lain-lain juga ada disini.


Langsung aja ke materi. Ada beberapa cara untuk mengakses router mikrotik. Menurut buku petunjuk yang ane baca, ada 6 cara untuk mengakses MIKROTIK ini.


Dari gambar tersebut. terlihat perbedaan dan persamaan dalam mengakses mikrotik. Seperti API, Serial Console, dan Winbox yang tanpa mensetting IP router terlebih dahulu. Ada juga yang harus mensetting IP terlebih dahulu untuk Mikrotik nya. BTW, biasanya Mikrotik sudah diberikan IP bawaan oleh distributor secara defaultnya yaitu, 192.168.88.1 . Jika sudah di set default seperti ini, anda bisa menggunakan Cara akses nya pun bisa dimana saja. Tapi, pastikan anda punya alat untuk mengkoneksikannya.

BTW, Winbox juga ada versi Android gan :v Silahkan cek deh di google.

  • IP Address Ether 2 (Sebelah LAN/INTERNET/CONSOLE) : 192.168.88.1/24
  • Netmask : 255.255.255.0
  • Pastikan device yang anda coba koneksikan, itu satu Network dengan Mikrotik-Nya. Misal di PC WINDOWS ANDA DENGAN IP : 192.168.88.2/24

Setelah itu, silahkan anda membuat kabel UTP dengan konektor RJ 45. Tutor nya sudah ada di blog saya ini. Dan juga Koneksikan kabel tersebut ke port 2 dan Ke Port RJ45 PC anda. Jika sudah, cobalah buka aplikasi "CMD" di Windows dan coba ping router (192.168.88.1).

Karena saya menggunakan Winbox yang sudah dirubah IP defaultnya. Maka saya menggunakan IP 115.115.115.115/24


  • Akses Mikrotik Lewat Winbox
Unduh Aplikasi Winbox terbaru disini mikrotik.com dan buka aplikasi. Klik "refresh" dan liat apakah router anda terbaca.


 



  Jika sudah terbaca, silahkan klik pada MAC Address karena IP nya kosong. Jangan lupa masukkan username.'





Lalu saya mencoba membuka Terminal didalam aplikasi Winbox tersebut. Dan saya akan coba menambahkan IP address sesuai dengan LAN Kantor saya. 




Setelah itu saya akan mengganti nama router menjadi nama blog saya.




Lalu saya membuat LAN baru dengan Network 115.115.115.0/24. Dan kita set untuk ether 2. Sesuaikan dengan IP PC.




Dan sekarang kita coba test ping ke PC kita.





  • Akses Mikrotik Lewat Terminal SSH
Unduh aplikasi PuTTY untuk Windows. Berikut adalah tutorialnya :


Untuk linux, cukup menggunakan Terminal. Ketik di terminal

1. Buka terminal untuk Linux User. Ketikkan perintah seperti berikut ini.
ssh admin@115.115.115.115


2. Dan Mikrotik dapat diakses.




Kalau lewat Windows





Masukkan User dan password



Dan login





  • Akses Mikrotik Lewat Terminal Telnet
telnet 115.115.115.115
 Karena Pada router tidak di set password. Maka akan langsung menuju kekonfigurasi nya.






Agar lebih aman, sekarang kita coba untuk set password terbarunya.





 


  • Akses Mikrotik Lewat Web/Browser (WebFig)
Jika Kabel UTP sudah terkoneksi, test ping sudah dilaksanakan. Selanjutnya adalah memilih metode akses Mikrotik. Saya memilih lewat browser. Gampang banget gan.

BUKA BROWSER CHROME. LALU KETIK DI URL

http://115.115.115.115


 


Yass.. Masukkan Username dan password. Baca petunjuk, masukkan user "admin" dan masukkan password yang telah di set sebelumnya




  • Akses Mikrotik Lewat Serial Console
Buka terminal. Lalu ketikkan perintah :

Setelah itu, kita akan buka tools minicom dari Elementery OS saya. Dan masukkan password PC nya.



 Lalu maasuk kedalam serial port setup
Ketik "E" lalu esc. Kita biarkan yang lainnya default.


Lalu Save Setup dan next. Dan akan muncul tampilan login mikrotik.

Akses Mikrotik lewat Serial Console, ini digunakan bila kita lupa men disable semua port yang ada untuk mengakses Mikrotik. Belilah port Serial Console, dan juga connectornya.

0 comments: