Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Ciee balik lagi bersama ana di blog kesayangan ana. Mau share aja nih tentang HTTPD ...

CentOS 7 : 8.1 Web Server Apache atau Httpd di CentOS


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Ciee balik lagi bersama ana di blog kesayangan ana. Mau share aja nih tentang HTTPD alias Apache ntuk CentOS 7. Udah gak asing lagi pasti untuk sysadmin. Apache ini berfungsi uuntuk menjalankan web server di CentOS. Apakah Apache hanya untuk CentOS ? Tidak. Aplikasi ini tersedia untuk Ubuntu, OpenSuse bahkan vendor linux lainnya. Nah kali ini ane mau share dikit aja nih tentang cara install httpd atau apache. Untuk pengertian, teori tentang web server, bisa dilihat disini



Kenapa saya menggunakan Apache ? Secara teknis, Apache ini lebih ringan dibanding NginX (enjin eks). Karena biasanya Nginx itu banyak digunakan untuk server-server streaming seperti live streaming Facebook, Instagram dll. Apakah Apache bisa juga seperti itu ? Bisa. Tapi kurang pas, gan. Paham sampe sini ?

Paham-paham aje, ane belum jelasin ampe abis :v . Sekarang kita lanjut ke konfigurasi. Ane pake repository lokal aje gan. Biar gak lama-lama. Internet sekolah ane lemot :3 . Dan JANGAN LUPA UNTUK MENGINSTAL DNS Servernya !!!! Masa iya manggil URL pake IP _-_ ..


Lanjuttt konfigurasi nyaa

Pertama-tama anda harus install dns nya. Jika sudah tambahkan script www pada forward dan reverse nya.



Sudah  ??? Baiklah lanjut ke konfiigurasi httpd nya.
Install aplikasi Apache nya terlebih dahulu
yum install httpd -y




Lalu buka file konfigurasi Apache/httpd nya.
nano /etc/httpc/conf/httpd.conf




Pada baris ke "86" dan Baris ke "95" ada yang harus kita ganti. Itu dibagian ServerAdmin dan ServerName. ServerAdmin berfungsi sebagai email administrator. Jadi jika clien/pengunjung/pengguna web memiliki masalah pada Web Servernya, maka itu akan disampaikan melalui email dari ServerAdmin. Dan untuk ServerName nya, karena masih di disable ";" maka kita keluarkan command alias menghapus tanda ";" tanpa tanda kutip.




Kita ganti ServerAdminnya dan juga ServerNamenya. Oh iya... CATATAN PENTING!!!
Karena saya hanya menggunakan 1 domain, maka saya hanya akan memasukkan 1 domain ke dalam konfgurasi nya karena file untuk global/ keseluruhan dari Apache nya. Jika anda mempunyai 2 Domain, JANGAN SEKALI KALI DI ENABLE KAN "SERVERNAME" NYA.




Nah sekarang menuju ke baris "124" yaitu Directory /var/www.




"AllowOverride" adalah proses apache untuk mengecek setiap file server atau konten pada /var/www. DEngan menggantinya menjadi All. Maka setiap konten yang ada di direktori tersebut akan dibaca.




Restart httpd nya yak..
systemctl restart httpd




Lalu daftarkan http ke firewall agar mengizinkan klien untuk mengakses httpd. Dan restart firewall nya.
firewall-cmd --permanent --add-service=http
firewall-cmd --reload




Nah sebenarnya. Web Server anda sudah jadi sekarang :v . Silahkan buka Web Browser dan lihat indexnya. Ini adalah tampilan default httpd tanpa adanya index.html




Nah biar bisa kita isi, sekarang kita buat index.html nya.
nano /var/www/html/index.html




Sekarang kita buat skrip html nya.




Lalu kita coba panggil dengan URL nya. atau www.networknjay.com






0 comments: