Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Kembali lagi di blog kesayangan kita ini, membahas tentang berbagai istilah di dalam ja...

Istilah Dalam Jaringan : Apa itu SSH dan Telnet



Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Kembali lagi di blog kesayangan kita ini, membahas tentang berbagai istilah di dalam jaringan atau network yang gak bakalan ngebosenin. Sudah cukup lama TS gak post materi lagi, tapi sekarang saya sempatkan untuk menulis sebuah TS yang berjudul "SSH dan Telnet. Mungkin ada beberapa orang yang masih bingung mengenai dari karakteristik SSH ini. Berikut kita akan bahas tuntas tentang SSH dan Telnet.

Contoh penerapan Remote Control

Pernahkah kalian melihat sebuah gedung kantor ? pastilah di gedung tersebut memiliki sebuah server. Misal tempat server tersebut berada di lantai 50. Lantai 49-41 digunakan untuk para petinggi perusahaan, lantai paling bawah digunakan untuk para IT Support, dan sisanya untuk pegawai. Semua koneksi jaringan berjalan dengan baik, namun tiba-tiba terjadi sebuah error di server karena kehilangan 100Kb script. Pasti, ini akan sangat melelahkan bagi orang-orang IT karena harus naik ke lantai 50, membawa flashdisk dan yang mengenaskan adalah hanya memasukkan script sebesar 100Kb. Ini sangat lah tidak efektif dari segi waktu. Maka dibuatlah software agar bisa melakukan remote ke server hanya dengan menggunakan jaringan lokal (walau sebenarnya bisa diakses melalui jaringan internet internasional). Dibuatlah SSH dan Telnet ini. Begitu gan...

Sekarang kita bahas mengenai SSH dan Telnet.


Telnet


Berikut adalah pengertian Telnet dari beberapa website teman :

  1. Wikipedia
    Telnet adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada internet atau LAN (Local Area Network) untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
  2. Blog Si Fulan 1
    Telnet adalah protocol yang di aplikasikan yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan remote (kontrol) dari jarak jauh
  3.  Blog Si Fulan
    Telnet merupakan akronim dari Telecommunications Network Protocol yang merupakan sebuah perangkat lunak yang ditujukan agar penggunanya dapat melakukan kontrol atau remote dari jarak jauh pada komputer lain.
  4. Menurut saya
    Telnet (Telecommunications Network) protocol adalah protokol jaringan berbentuk software agar pengguna dapat me-remote host (yang akan diremote) menggunakan protokol 23. 
Semua ini benar, anda bisa menggunakan salah satu pendapat.

Telnet merupakan aplikasi untuk melakukan remote terhadap host yang akan diremote. Telnet ini menggunakan protokol Telnet yang bernomer 23. Telnet dikembangkan pada tahun 1969, merupakan protokol yang lebih dulu ada dibanding SSH. Karena protokol ini merupakan protokol tertua, jadi sudah tertebak (dapat dengan mudah) untuk di retas. Protokol yang sangat rentan untuk di spionase karena tidak adanya enkripsi pada Telnet ini. Salah satu aplikasi untuk membaca telnet ini adalah Wireshark. Telnet meremote host menggunakan perintah berbasis CLI atau text, bisa melalui aplikasi Terminal, Putty, SuperPutty, dkk. Mengakses host menggunakan Telnet biasanya harus menggunakan User berisi nama user dan password. Mirip seperti autentikasi ketika kita login di media sosial.

Kekurangan yang paling fatal dari telnet adalah di bagian keamanannya. Tidak adanya enkripsi pada data yang melewati jalur ini membuat data itu menjadi tidak aman. Data tersebut bisa dibaca melalui aplikasi wireshark. Bayangkan user anda (akun dan password) untuk meremote host, malah diketahui oleh orang yang ingin merusak server anda. Tentu ini akan sangat merugikan bukan ?

Solusinya, dibuat lah protokol yang lebih aman yaitu SSH. Mari kita simak pengertian SSH berikut ini


SSH


Berikut adalah pengertian SSH yang berhasil saya rangkum dari beberapa website sebelah :

  1. Wikipedia
    Adalah Sebuah protokol jaringan untuk melakukan komunikasi data secara aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara di jaringan komputer.
  2. Blog Si Fulan 1
    SSH juga merupakan sebuah akronim dari Secure Shell, SSH merupakan sebuah protokol jaringan yang memungkinkan untuk melakukan remote atau kendali jarak jauh secara aman.
  3. Blog Si Fulan 2
    SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan remote (kontrol) dari jarak jauh sekalipun secara aman.
  4. Menurut ane
    SSH adalah sebuah protokol jaringan untuk bisa meremote (mengendalikan, berkomunikasi) dengan host menggunakan kriptografi khusus dari port 22. 

Itulah pengertian SSH yang berhasil saya rangkum. Terserah anda mau menggunakan perngertian yang mana, semua benar.

Dalam kehidupan sehari-hari SSH dan juga Telnet, protokol yang sering digunakan untuk meremote host berbasik CLI atau text. SSH juga menggunakan metode akun untuk login pada saat client ingin meremote. SSH memiliki karakteristik hampir sama dengan Telnet. Namun dengan beberapa kelebihan. Salahsatunya kelebihan SSH yang menutupi kelemahan Telnet adalah di bagian keamanan atau security.

SSH memiliki fitur kriptografi untuk meng-kripsi setiap data yang lewat. Lebih aman dari Telnet. Inilah mengapa orang-orang beralih menggunakan SSH sebagai aplikasi untuk meremotenya.




Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan...

Tetap semangat menuntut ilmu jaringannya

Wabillahittaufiqwalhidayah

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,,,.,

0 comments: