Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh  Balik lagi ke Blog kesayangan kita ini. Kita lanjutkan materi bahasan PKL kita kali...

Istilah dalam jaringan : Neighbors di Jaringan


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh 

Balik lagi ke Blog kesayangan kita ini. Kita lanjutkan materi bahasan PKL kita kali ini mengenai materi materi seputar jaringan. Seperti yang saya tekankan sebelumnya, materi materi di blog saya ini memang dikhususkan untuk orang yang baru menekuni dunia jaringan. Dunia jaringan atau networking ini bisa didapatkan di SMK yang berjurusan TKJ. Namun tidak menutup kemungkinan untuk siapa saja juga dapat belajar mengenai jaringan ini.

Melanjutkan bahasan, kali ini saya ingin share sedikit mengenai fitur Neighbors pada perangkat jaringan seperti router pada cisco dan switch. Berikut adalah penjelasannya SECARA TEORI. INGAATT!!! TEORI SAJAA!!! KONFIGURASI MAH NYUSUL!!!!!


Neighbors di Mikrotik

Seperti yang kita tahu, bahwa Neighbors merupakan sebuah fitur di Router Os Mikrotik. Berikut adalah pengertian Neighbors atau MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol) yang berhasil saya rangkum 5 menit yang lalu :
  1. Blog Si Fulan1
    Neighbors merupakan layer 2 broadcast domain yang mengijinkan perangkat yang support MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol) atau CDP untuk saling "menemukan".

  2. Blog Si Fulan2
    Fitur Neighbors memudahkan konfigurasi dan manajemen jaringan dengan memungkinkan setiap router MikroTik untuk menemukan router MikroTik lainnya yang terhubung langsung.

  3. Blog Saya
    Neighbors adalah fitur didalam mikrotik yang berfungsi untuk mendeteksi, menscanning, atau mengetahui router apa saja yang yang terhubung ke dalam Router Mikrotik.

Mungkin itu aja yang bisa saya rangkum, fitur neighbors ini dapat menemukan, menjelajahi, mendeteksi atau apalah itu router yang terkoneksi ke router mikrotik. Tapi ini hanya berlaku untuk perangkat yang mendukung MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol) atau CDP (lihat pengertian1) untuk saling menemukan.


MNDP juga bisa menemukan router mikrotik menggunakan aplikasi Winbox.  Dan bila kita menggunakan fitur Neighbors ini adalah saat kita melakukan scanning di winbox untuk meremote server. Maka akan muncul informasi Mac Address, identity, dan IP address router yang terhubung. Sehingga, kalau MNDP itu dijalankan, maka user di jaringan tersebut dapat dengan mudah mengetahui IP address dari router yang terhubung. 

Didalam identitas router atau Router Identity biasanya berisi nama router. Router Identity juga digunakan untuk membedakan router satu dengan lainnya. Pada saat network sudah menjadi besar (punya banyak client dan router) dan ini akan membuat router menjadi semakin kompleks. Maka router identity ini pun sangat diperlukan.  Router identity akan terlihat pada: 
  •  Winbox status bar
  •  Terminal console prompt
  •  Halaman web/webfig
  •  Neighbor Discovery 

Nah begitulah karakteristik dari Router Identity. Dan saat kita menjalankan MNDP, maka router identity inilah yang akan muncul di tabel MNDP. 
  • MNDP juga diaktifkan secara default untuk semua antarmuka Ethernetseperti baru -  Ethernet, wireless, EoIP, IPIP tunnels, PPTPstatic-server. Jadi ya udah otomatis terdeteksi oleh semua interface yang menggunakan protokol itu. Namun itu tetap bisa untuk dinonaktifkan
  • Menggunakan port protokol UDP 5678
  • paket UDP dengan info router disiarkan melalui antarmuka setiap 60 detik
  • setiap 30 detik, cek router jika beberapa entri tetangga tidak basi
  • jika ada info yang diterima dari tetangga selama lebih dari 180 detik informasi tetangga dibuang


Fitur MNDP:
– bekerja pada koneksi IP 
– bekerja pada semua non-dinamic interface
– mendistribusikan informasi dasar pada versi software


Kurang lebih seperti itulah MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol). Fitur ini sangatlah berguna, namun juga bisa sangatlah merugikan bila kita salah pemakaian. Bila kita benar dalam pemakaian, maka fitur MNDP ini sangatlah berguna untuk memonitoring router kita. Bila kita salah, orang akan dengan mudah mengakses router kita, dan meng-hack routernya.

Contoh, misal anda membiarkan protokol MNDP ini berjalan. Lalu salah satu user kita mengetahui IP address dari router mikrotik kita. Bisa saja ia BruteForce attack. Yap, walau dia tidak mengetahui passwordnya, namun ia dapat mengetahui IP address anda. Router anda akan dihujani ribuan kata, bahkan jutaan password untuk membobol. Alhasil ini dapat menyebabkan router hang atau RTO.

Mungkin itu aja yang bisa saya sampaikan, wabillahittaufiq walhidayah
Wassalamu'alaikum warahamatullah wabarakatuh

0 comments: