Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Balik lagi ke blog ane yang udah sakaratul maut ini. Ane mau share dikit aja nih tentang...

Istilah Dalam Jaringan : Pengertian Router dan Switch


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Balik lagi ke blog ane yang udah sakaratul maut ini. Ane mau share dikit aja nih tentang switch dan router, Wireless, Hotspot dan Access point. Banyak sekali sekarang orangorang yang sok tau tentang IT, dan juga sering salah mengartikan apa arti dari kata-kata diatas. Ada yang tertukar artinya, pengertiannya dan segala macem. Maka dari itu, TS memberanikan diri untuk mempost materi yang satu ini. Materi yang memang cukup vital dibahas untuk saat ini


Switch


Berikut adalah pengertian switch dari beberapa website yang berhasil saya rangkum


  1. Blog Si Fulan1
    Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung .
  2. Blog Si Fulan2
    Switch adalah sebuah perangkat keras yang terdapat pada jaringan komputer yang berfungsi sebagai alat penghubung antar komputer.
  3. Blog saya
    Switch adalah perangkat jaringan yang mempunyai lebih dari 2 port (multiple bridges) untuk menyebarkan koneksi/Jaringan (berupa LAN, atau koneksi internet) ke seluruh portnya.

Nah seperti itulah pengertiannya. Semua pengertian ini, benar. Silahkan anda pilih.




Sebagai perangkat jaringan yang cukup vital untuk saat ini. Sangat sulit untuk menentukan jenis, bentuk, maupun rupa dari switch. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami switch, berikut adalah beberapa karakteristik atau ciri-ciri dari Switch diantaranya :




  • Mempunyai lebih dari 2 port.
  • Dapat menyebarkan koneksi ke seluruh port nya.
  • Dapat berkerja di layer 2 (berdasarkan MAC Address) dan di layer 3 (berdasarkan IP Address) berdasarkan OSI layer atau TCP/IP.
  • Mempunyai 2 jenis tipe, yaitu
    - Unmanageable Switch = Switch yang tidak bisa dikonfigurasi karena hanya Plug 'n Play dan berisi fitur-fitur standar.
    - Manageable Switch = Switch yang bisa konfigurasi nya lebih kaya fitur (misal : blocking port, VLAN, DLL, STP, Dll).
  • Memiliki tabel yang bernama CAM (Cable Addressable Content) yang berfungsi untuk memanagemen frame.
  • Tabel CAM terbuat secara otomatis dengan memanfaatkan MAC Address User.

Switch ini biasa digunakan oleh warnet-warnet dan biasanya di pajang berbentuk rak atau dipasang di bawah tempat duduk. Berbagai vendor pun sudah banyak mengeluarkan perangkat switch dengan kelebihan fiturnya masing-masing. Seperti Cisco maupun Mikrotik. Sebagai referensi, Cisco mempunyai built quality yang lebih baik dari Mikrotik (seperti bahan yang lebih bagus). Namun untuk urusan fitur, rupanya Mikrotik lebih kaya akan fitur dibanding Cisco (Seperti pengaturan QoS). Namun untuk urusan zaman sekarang, kita mengenal istilah "ada uang ada barang". Yupp, Itu berlaku pada Switch dan perangkat jaringan lainnya. Salah satu ciri menonjol dari switch adalah port nya yang banyak. Sehingga menuntut agar tidak ribet dalam konfigurasinya. Di switch kita mengenal dengan jenis "Manageable Switch" yaitu switch yang bisa dikonfigurasi dengan lebih kaya fitur. Namun ada juga switch yang dalam managemennya lebih baik dari manageble switch biasa bahkan setara router, yaitu adalah switch Layer 3. Dan biasanya, ada SWITCH, pasti ada Router. Dan bila ada ROUTER, belum tentu ada SWITCH.


Itulah pengertian dari Switch, intinya switch berfungsi untuk menyebarkan koneksi ke seluruh portnya. Switch ada 2 jenis, yaitu unmanageable (plug n play) dan manageable (konfigurasi lebih banyak dan kaya fitur). Sekarang kita pelajari tentang Router.






Router



Berikut adalah beberapa pengertian, arti mengenai router yang berhasil saya rangkum dari beberapa website
  1.  Blog Si fulan
    Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.
  2.  Blog Si fulan
    Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.
  3.  Blog ane
    Adalah perangkat jaringan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda. 
Semua benar, silahkan anda pilih pengertian mana yang ingin anda pegang.


Sebagai perangkat yang lebih pintar dari switch, tentu router memiliki beberapa karakteristik atau ciri-ciri, diantaranya.
  1. Berfungsi untuk menghubungkan, menjembatani, mem-bridge 2 jaringan/network yang berbeda. (Seperti LAN di gedung kantor lantai 1 dengan lantai 2).
  2. Memiliki paling sedikit 2 port interface Ethernet Card/ NIC.
  3. Mampu menganalisa frame paket yang lebih mendetail dan lebih baik dari kemampuan switch.
  4. Ada Router yang hanya memiliki 1 port NIC tapi memiliki jaringan Wireless atau nirkabel bernama Access Point atau Wireless Router.
  5. Memiliki Routing table yang didapat kan dengan IP Address Client.
  6. Konfigurasi lebih banyak dan lebih pintar dari switch.


Ada beberapa CIRI KHUSUS yang harus benar benar ada dalam router yaitu adalah spesifikasi. Sering kali jika kita membeli router, ada spesifikasi yang ditawarkan oleh penjual. Berikut adalah contoh spesifikasi dari router. Layaknya membeli Komputer, pasti kita akan ditawarkan spesifikasi macam-macam tergantung dari kebutuhan kita. Berikut adalah contoh spesifikasi router.








Mungkin itu aja yang bisa saya sampaikan..

Wabilllahittaufiq walhidayah
Wassalamu'alaikum wr wb

1 comment: