Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Tsah, balik lagi bersama ane di blog mantep kesayangan kita ini. Ciee, masih mampi...

Istilah Dalam Jaringan : Mail Server



Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh


Tsah, balik lagi bersama ane di blog mantep kesayangan kita ini. Ciee, masih mampir aja di blog ini. Memang isinya materi TKJ semua, tapi ya cobalah memahami sedikit demi sedikit. Toh bahasa yang ane gunakan di blog ini adalah bahasa sehari-hari. Melanjutkan materi TKJ sebelumnya. Kali ini ane mau share tentang Mail Server gan. Apa sih Mail Server ? bagaimana cara kerjanya ? Apa aja didalam Mail Server ? Kita akan bahas di TS ini secara pengertiannya aja. Kalau mau cari lengkapnya, cari di blog lain aja. Saya membahas hanya agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca.


Seiring dengan perkembangan zaman, surat menyurat pun masih eksis hingga saat ini. Pada waktu dulu, surat-menyurat masih menggunakan kertas yang berasal dari batang pohon. Seiring dengan perkembangan teknologi, akhirnya muncullah terobosan baru dalam surat-menyurat, tren baru dalam meyampaikan informasi, yaitu dengan munculnya e-mail (electronic mail) ini. Selain efisiensi biaya dan waktu, e-mail ini juga lebih baik dalam penyampaian suratnya (suratnya tidak cacat). 


Sama seperti surat pada umumnya, e-mail ini juga membutuhkan kantor pos sebagai pusat managemen suratnya. Untuk siapa, dimana, kapan dll itu membutuhkan tempat untuk mengatur surat-surat itu. Maka nama lain kantor Pos bagi e-mail adalah Mail Server. Dan orang yang mengelola Mail Server disebut Post Master (mirip dengan sebutan "tukang pos" pada kantor pos".

Apa itu Mail Server ? Berikut beberapa arti yang berhasil ane rangkum dari beberapa Blog si Fulan
  1. Blog Si Fulan 1
    Mail Sever itu adalah sebuah server yang memberikan layanan kepada pengguna user untuk dapat melakukan kegiatan kirim mengirim surat eletronik (email) melalui jaringan internet sebagai perantaranya.

  2. Blog si Fulan 2
    Mail Server adalah server yang memungkinkan user dapat mengirimkan atau menerima surat elektronik ( e -mail ) satu sama lain baik dalam satu jaringan maupun dalam jaringan internet. Atau dengan kata lain juga untuk mendistribusikan file atau infomasi berdasarkan respon permintaan yang dikirim melalui e - mail. 
     
  3. Menurut ane
    Mail Server adalah server yang bertugas untuk mengatur (mengirim atau menerima), mengelola (memfilter,  surat elektorinik (e-mail) dalam jaringan LAN ataupun jaringan internet.





Beberapa tugas Postmaster 
  1. Mengatur penyimpanan dan pengarsipan e-mail di server log
  2. Mengelola software dan antivirus sebagai proteksi Mail Server
  3. Memonitoring kinerja server
  4. Dan lain-lain



Mail Server berjalan melalui 3 protocol yang saling berhubungan yaitu :

  1.  SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
    Nomor Port 25. SMTP adalah protokol yang berguna untuk mengirim e-mail dan tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama client (satu mail server yang sama).

  2.  IMAP (Internet Message Access Protocol)
    Nomor port 143. IMAP adalah sebuah aplikasi agar client dapat mengakses email di mail server (mengakses akun, data, dll).

  3.  POP3 (Post Office Protocol)
    Nomor port 110. POP 3 berfungsi mirip dengan IMAP.


Berdasarkan tugasnya, Mail Server dibagi menjadi 2 : 

  • Outgoing Server (Sending Email) = Protokol yang berjalan adalah SMTP.
  • Incoming Server (Receive Email) = Protokol yang berjalan adalah IMAP dan POP 3




Prinsip kerja Mail Server 

  1. Misal client1 Om-John ingin mengirim sebuah e-mail ke client2 Om-Njay. Maka client1 akan mengirim data outgoing melewati SMTP1 dari client 1.

  2. SMTP1 ini akan mencari, dimana SMTP dari client2 Om-Njay berada. Dan ternyata client2 Om-Njay berada di SMTP2.

  3. Setelah ketemu, SMTP2 akan mengirimkan informasi bahwa di SMTP2 ada client2 Om-Njay.

     
  4. Data akan diteruskan ke SMTP1 dan dikonfirmasi apakah alamat yang dituju benar atau tidak.

  5. Setelah siap, barulah email dikirim kepada SMTP1 dan dilanjutkan ke SMTP2

     
  6. SMTP2 akan memberikan notifikasi bahwa ada email masuk.

  7. Lalu client2 Om-Njay akan meminta data surat tersebut dari SMTP2 dan membaca surat tersebut. 


Ya kurang lebih gitulah prinsip kerja Mail Server yang saya tahu. Hampir mirip dengan cara kerja kantor pos dalam mengirim suratnya. Mail Server ini sangatlah diperlukan untuk perusahaan-perusahaan besar yang memang memerlukan kantor posnya sendiri. Pegawai yang banyak, data yang besar, juga serangan hacker menjadi salah satu tantangan bagi Postmaster dalam mengurus Mail Server. 


Mungkin hanya itu saja yang saya dapat sampaikan hari ini. Tetap semangat dalam belajar, hari ini pasti lebih baik dari hari kemarin. Buat anak-anak TKJ, silahkan baca materi ane yang lain. Belajar itu memang memuakkan, tapi itu juga membuat perut kita lapar. Bentar, apa hubungannya belajar ama lafar ? bodo ah. IDC...


Mohon maaf bila ane ada salah-salah kata. Semua kita kembalikan lagi ke diri kita masing-masing. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Kita semua pun masih belajar, jadi komentar dari pengunjung pun saya sangat nantikan


Cukup sampai disini, insyaallah saya akan lanjutkan lagi ke materi jaringan lainnya..
Sekian..
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: