Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Kembali lagi ke blog kesayangan kita, blog nya anak jaringan. BTW, TS udah lama ni...

Istilah Dalam Jaringan : Queue Simple dan Queue Tree



Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Kembali lagi ke blog kesayangan kita, blog nya anak jaringan. BTW, TS udah lama nih gak post lagi. Post ilmu tentang Networking. Berhubung tugas PKL ini adalagi, dan masih dalam teori, yaudah ane share aja nih yang berhasil ane ngerti, dan pelajari dalam setengah jam. Oh iya sebelum kita ke materi, ada baiknya kita belajar tentang pengertian, lalu masuk ke penerapan dalam kehidupan sehari-hari, lalu masuk ke penutup.

Langsung saja, apa itu queue/QoS  ? Simak pengertian yang berhasil ane rangkum dari beberapa web berikut ini 


  1. Menurut blog sebelah
    -fitur Queue adalah fitur yang mampu melakukan limitasi atau pembatasan pada bandwidth.


  2. Menurut Blog sebelah
    QoS adalah cara yang digunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth yang ada secara rasiona


  3. Menurut ane 
    -Queue dalam mikrotik adalah sebuah fitur untuk memanage (membatasi, mengatur, dll) penggunaan bandwidth.



Seiring dengan perkembangan zaman. Internet menjadi sebuah kebutuhan vital bagi orang banyak. Dalam perkantoran, pinggir jalan, sedang travel, sedang mencari tutorial, belajar, dll kadang memerlukan internet. Layaknya sebuah Rumah Sakit, siapa yang mempunyai uang banyak, siapa yang mempunyai jabatan akan dilayani terlebih dahulu oleh Rumah Sakit. Bila anda tidak mempunyai kewenangan, anda akan diperlakukan sama saja dengan yang lainnya. Begitupun dalam memanagemen bandwidth dalam perangkat mikrotik. Kita bisa mengatur prioritas dalam menentukan bandwidth pada client.


Contoh penggunaan QoS atau fungsi QoS / Queue

QoS bisa digunakan juga untuk mengatur prioritas berdasarkan parameter yang diberikan 

(seperti conth Rumah Sakit yang diawal), untuk menghindari terjadinya traffic yang memonopoli (menguasai) seluruh bandwidth yang tersedia. Misal, dalam sebuah warnet. Ada sekitar 50 PC terkoneksi ke dalam switch dan switch itu terkoneksi lagi ke router mikrotik. Lalu, ada user iseng untuk mengambil semua bandwidth atau "memonopoli" bandwidth warnet itu (artinya kecepatan internet warnet itu hanya untuk dia sendiri tanpa berbagi dengan user lain). Tentu ini akan sangat merugikan bagi user lain tersebut.


Nah untuk itulah, dibuatlah fitur QoS ini pada routerOs Mikrotik. Fitur QoS ini. Didalam QoS ini ada fitur yang namanya Mangle. Mangle berfungsi sebagai cap pada paket yang melewati router. Biasanya mangle ini berjalan bersamaan dengan QoS. Mangle juga berfungsiuntuk menentukan darimana asal paket tersebut dan untuk siapa paket tersebut. 


Ada beberapa jenis Queue / QoS yang ada di routerOs Mikrotik, diantaranya 
  1. Queue Simple 
  2. Queue Tree
  3. Queue Kind 
Perbedaan dari ketiga ini kita akan bahas satu persatu berdasarkan kemampuan saya. Kali ini saya akan membagikan pegertian secara singkat saja mengenai Queue Simple dan Queue Tree.

Simple Queue

adalah mengatur pembatasan bandwidth (Upload dan Download) hanya dengan mendefinisikan parameter ip address (target address) dari host/koneksi yang dibatasi. Jadi Simple Queue ini bisa mengatur atau membatasi bandwidth pada client hanya dengan berdasarkan IP. Mengingat Router juga dapat mengingat port berdasarkan IP Address.

Dengan simple queue, kita dapat melakukan: 
  • Melimit tx-rate client (upload)
  • Melimit rx-rate client (download) 
  • Melimit tx+rx-rate client (akumulasi)



Simple Queue cara termudah untuk mengatur bandwidth didalam suatu jaringan dalam scala LAN. Dan Simple Queue ini dapat mengatur traffic dari 2 arah. Ini sangat berbeda dengan Tree Queue yang hanya dapat mengatur traffic 1 arah. Mungkin ia menggunakan prinsip Tree/pohon karena yang kita tau pohon/tumbuhan tumbuh hanya dengan 1 arah. Misal arah cabang akan selalu merayap kearah bawah tanah untuk mencari sumber air.


Balik lagi ke Simple Queue, sebelumnya kalian harus mengetahui terlebih dahulu aplikasi untuk mengetahui bandwidth, aplikasi checker. Berikut adalah contoh software untuk mengetahui kecepatan bandwidth dari alat Router Mikrotik. Ini menggunakan SNMP. Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah protokol standar Internet untuk mengelola perangkat pada jaringan. Berjalan pada port port 161/udp dan 162/udp. 




Jika kita perhatikan, ada perubahan warna pada icon Queue rule. Maksud masing–masing warna adalah sebagai berikut : 
• Hijau : 0 – 50% bandwidth digunakan. 
• Kuning : 51 – 75% bandwidth digunakan 
• Merah : 76 – 100% bandwidth digunakan.






Untuk teknik pembagian bandwidth dari Simple Queue sendiri ada banyak. Kita akan membahas di postingan yang akan datang. 


Queue Tree




Adalah konfigurasi queue yang bersifat satu arah, ini berarti sebuah konfigurasi queue hanya mampu melakukan queue terhadap 1 arah jenis traffic. Dan di Queue Tree ini, jika sebuah konfigurasi queue pada queue tree ditunjukan untuk melakukan queue terhadap bandwidth download maka konfigurasi tersebut tidak akan melakukan queue untuk bandwidth upload.



Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Wabillahittaufiq walhidayah

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: