Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Kembali lagi bersama saya di blog kesayangan kita ini, melanjutkan materi bahasan PKL y...

Istilah Dalam Jaringan : Wireless dan Hotspot


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Kembali lagi bersama saya di blog kesayangan kita ini, melanjutkan materi bahasan PKL yang udah tinggal beberapa. Ciee mau kelarr.. Tapi ada satu masalah lagi nih, harus kelar minggu ini :3. Yo wes lah, kita langsung bahas aja kali ini mengenai hotspot dan wireless


Mendengar nama hotspot dan wireless sudah tak asing lagi bagi kita. Masyarakat awam sering menggunakan istilah ini untuk "meminta koneksi" internet menggunakan media tak kasat mata (ghaib kali ah), sehingga ke-2 istilah ini pun sangat populer untuk saat ini. Tapi, tidak banyak juga masyarakat awam yang mengetahui perbedaan mendetail dari ke-2 istilah ini, yakni hotspot dan wireless. Mereka masih salah menggunakan istilah ini, ada yang salah penyebutannya, salah fungsinya, bahkan salah mengartikannya. Dengan adanya artikel ini, diharapkan dapat membantu pembaca memahami pengertian dari Hotspot dan Wireless. 


Wireless


Berikut adalah pengertian wireless dari beberapa website teman yang berhasil saya rangkum.
  1. Blog Si Fulan1
    Wireless merupakan jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik.
  2. Blog Si Fulan2
    Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel.
  3. Blog saya
    Wireless adalah metode membangun sebuah jaringan menggunakan media nirkabel (tanpa kabel) melalui gelombang radio. 

Terserah kalian mau menggunakan pengertian yang mana, semua ini benar.


Wireless ini merupakan metode, bisa juga merupakan media. Karena wireless ini juga berarti nirkabel atau tanpa kabel. Wireless/nirkabel ini menggunakan gelombang radio/elektromagnetik dengan perantara nya adalah udara. Semua alat perangkat jaringan yang berkomunikasi tanpa kabel, bisa dibilang alat tersebut adalah wireless/nirkabel. Seiring perkembangan zaman, wireless ini semakin banyak digunakan karena memang cukup mudah dan lebih hemat dari segi biaya, tempat. Bila kita sudah membahas Wireless/nirkabel, pasti kita tidak akan lepas juga dari yang namanya Wi-Fi (wai-fai). Berikut adalah pengertian Wi-Fi 
Jadi bisa disimpulkan :
  • Wireless adalah teknologi untuk menghubungkannya
  • Wifi adalah perangkat yang menggunakan wirelessnya
Memiliki sebuah wi-fi, pastilah anda memiliki spesifikasi juga didalamnya. Ibarat sebuah hape, maka spesifikasi ini adalah real. Berikut adalah sepesifikasi dari Wi-Fi ini berdasarkan standar dari IEEE yang wifi ini berjalan di protokol 802.11 (Ingat protokol Wifi adalah itu).
Spesifikasi Wi-Fi
SpesifikasiKecepatanFrekuensi
Band
Cocok
dengan
802.11b11 Mb/s~2.4 GHzb
802.11a54 Mb/s~5 GHza
802.11g54 Mb/s~2.4 GHzb, g
802.11n100 Mb/s~2.4 GHzb, g, n

Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 GHz sampai 2.483,50 GHz. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz), berpusat di frekuensi berikut:
  • Channel 1 - 2,412 GHz;
  • Channel 2 - 2,417 GHz;
  • Channel 3 - 2,422 GHz;
  • Channel 4 - 2,427 GHz;
  • Channel 5 - 2,432 GHz;
  • Channel 6 - 2,437 GHz;
  • Channel 7 - 2,442 GHz;
  • Channel 8 - 2,447 GHz;
  • Channel 9 - 2,452 GHz;
  • Channel 10 - 2,457 GHz;
  • Channel 11 - 2,462 GHz

Jadi seperti itu pengertian Wifi dan Wireless. Sudah dapat membedakannya bukan ? Sekarang kita ke pengertian dari Hotspot. Check this out!!



HOTSPOT



Berikut adalah pengertian hotspot dari berbagai sumber
  1. Blog Si Fulan1
    Hotspot adalah lokasi dimana user dapat mengakses melalui mobile computer (seperti laptop atau PDA) tanpa mengguakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jarigan seperti internet.
  2. Blog Si Fulan2
    Hotspot ini, menurut Wikipedia, adalah tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN, seperti pada perguruan tinggi, mal, plaza, perpustakaan, restoran ataupun bandar udara.
  3. Blog saya
    Hotspot adalah area jangkauan atau cakupan yang didukung oleh konektifitas dari teknologi wireless. 

Pengertian yang saya buat sendiri bertujuan agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

Contoh penerapan hotspot dalam kehidupan sehari hari

Pernahkah anda belajar mengenai medan gaya listrik ? yup, yaitu daerah yang dipengaruhi oleh gaya magnet dari listrik. Sama seperti medan gaya listrik, di Hotspot ini juga dipengaruhi oleh besar atau luasnya wilayah cakupan dari teknologi wireless. Bisa dikatakan bahwa Hotspot ini adalah wilayah cakupan teknologi wireless nya.


Jadi kesimpulannya

  • Wireless adalah teknologinya
  • Wifi adalah perangkatnya
  • Hotspot adalah cakupan areanya

Mungkin itu aja yang bisa saya sampaikan, wabillahittaufiq walhidayah

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: