Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh  Kembali lagi di blok kesayangan kita ini. TS lumayan sibuk sama PKL, Organisasi s...

Istilah Dalam Jaringan : VOIP (Voice Over Internet Protocol)



Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh 

Kembali lagi di blok kesayangan kita ini. TS lumayan sibuk sama PKL, Organisasi sekolah, dan juga para gebetan. Kali ini ane akan membahas tentang apa itu VOIP, Kita hanya akan membahas tentang apa itu VOIP. Kita tidak akan membahas tentang konfigurasi dari VOIP ini. Untuk itu, mari kita bahas tentang pengertian dari VOIP ini.

Pengertian VOIP dari berbagai website yang berhasil saya rangkum didalam blog saya :

  1. Menurut blog si Fulan 1
    VoIPIP TelephonyInternet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa


  2. Menurut blog si Fulan 2
    Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.


  3. Menurut blog ane
    VOIP (Voice Over Internet Protocol) adalah sebuah teknologi untuk bertukar informasi melalui media internet berupa sinyal suara analog yang dirubah menjadi data digital.

Pernahkah kita melihat orang-orang menggunakan media internet untuk menelpon ? bertukar informasi dengan suara ? seperti telepon Wh*tsapp atau B_BM ? yap, seperti itulah penerapan VOIP dalam kehidupan sehari - hari. Jarak yang jauh, maintenance atau perawatan yang lebih mudah dari telepon tradisional, inilah beberapa keuntungan dari VOIP ini. 

Seperti itulah pengertian VOIP. Merupakan teknologi yang sekarang sedang digencarkan di Indonesia. Biaya yang lebih murah, serta instalasi yang memang mirip seperti telepon pada umumnya. Sebagai sebuah teknologi, VOIP berjalan di nomor port 5060-5061 melalui beberapa port diantaranya :
  • H.323
  • Media Gateway Control Protocol (MGCP)
  • Session Initiation Protocol (SIP)
  • Real-time Transport Protocol (RTP)
  • Session Description Protocol (SDP)
  • Inter-Asterisk eXchange (IAX)

Biasanya, protokol H.323 ini digunakan untuk transmisi data suara untuk jaringan LAN. Namun seiring perkembangan zaman, protokol ini pun berkembang menjadi MGCP dan SIP, tentu teknologi VOIP ini akan menjadi teknologi masa depan yang menjanjikan. 


Berikut cara kerja VOIP : 


Pernahkah anda mengenal nama PABX ? bisa dikatakan bahwa PABX itu ialah server dari VOIP ini. Pernahkah anda mendaftar di aplikasi BBM ? Data, akun anda akan disimpan di server BBM. Lalu anda boleh menelpon atau chatting dengan kawan anda yang sama-sama menggunakan BBM. Nah kurang lebih prinsip dalam VOIP ini adalah sama. Hampir sama dengan BBM, namun VOIP ini juga bisa dikoneksikan pada telepon yang mendukung SIP. SIP adalah identitas atau akun dari pengguna VOIP tersebut. Bisa dibilang di SIP ini berisi nomer anda, dan segala macam identitas dari akun VOIP anda yang terdaftar di Server VOIP



VOIP ini memiliki banyak keuntungan, berikut adalah beberapa keuntungan VOIP yang saya ambil dari Wikipedia :

Keuntungan VoIP

  • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VOIP Rakyat
  • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset


Mungkin itu aja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf..

Wassalamu'alaikum warahamatullah wabarakatuh

0 comments: