Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.. Cyaa bertemu kembali di blog sysadmin yang tampan dan ganteng ini.. bruakakaka... K...

RHEL 7 NTP Server 1 : Membangun NTP Server RHEL7



Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh..

Cyaa bertemu kembali di blog sysadmin yang tampan dan ganteng ini.. bruakakaka...

Kali ini gw mau share cara membangun server waktu atau NTP server dengan mudah. Ini bakal kepake banget buat kalian yang ikut LKS, karena ya biasanya ini ada :D.

Ngomongin soal NTP Server, adalah sebuah server yang menyediakan fitur singkronisasi waktu untuk client. Kepake gak sih sebenarnya ?? Tergantung.. Kalau kalian gak mau capek atau ribet set waktu secara manual, atau tiba2 waktu kalian gak singkron kayak biasanya. Bakal ribet sendiri nanti. Dan, enaknya NTP itu dia bisa sekaligus terdistribusi NTP nya ke client melalui DHCP Server. Mantapp...


Ada 2 aplikasi untuk singkronisasi time server, Chrony dan NTP. Dua-duanya sama sama gampang buat diinstall. Gampang juga buat dipake.. mantap jiwah lahh.. ANDA HARUS MEMILIH, MAU MENGGUNAKAN NTPD ATAU CHRONY!!!

NTPD

1. Install paket NTP nya terlebih dahulu
yum -y install ntp



2. Sambil menunggu, buka www.pool.ntp.org/zone/id untuk melihat script waktu singkronisasi indonesia.




3. Kita edit sedikit di ntp.conf
nano /etc/ntp.conf



4. Pada baris ke 18, tambahkan script berikut. Skrip ini berfungsi untuk mengaktifkan singkronisasi antara client dan server.

restrict 192.168.40.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap



5. Lalu pada baris 22 kebawah, kita edit seperti dibawah ini. INGAT YANG WEB NTP TADI?? Kopi pastekan script pada ntp.conf berikut.



6. Izinkan NTP berjalan otomatis setelah boot dan jalankan aplikasinya. Lalu cek, apakah NTP sudah terkonfigurasi dengan benar atau belum.



7. Jangan lupa daftarkan ntp ke firewall agar singkronisasi client tidak ditolak oleh firewall




CLIENT

Yapp tinggal verifikasi client deh.. ikutin step by step nya ajah.


SUKSES!!!!!!!





10 comments: