Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh Kali ini saya akan share cara registrasi sistem lewat subscription-manager (aplikasi untu...

RHEL 7 System Management 3 : Register System melalui subscription-manager


Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh
Kali ini saya akan share cara registrasi sistem lewat subscription-manager (aplikasi untuk mengaktifkan lisensi dari RHEL7. Subscription-manager sudah terinstall secara default pada sistem RHEL walau anda memilih "Minimal Installation". Aplikasi ini lebih kaya "KMS Windows" sih :v cuman buat aktifin lisensi RHEL biar kita bisa memakai repository official dari redhat (ntar juga berbayar :D).

Aplikasi ini juga punya beberapa fitur seperti mencari aplikasi atau paket redhat yang tersedia di repository, juga dapat memonitoring aplikasi dan paket yang berjalan pada RHEL7. Karena repository official nya berbayar, aplikasi subscription-manager juga dapat menginfokan software yang akan kadaluarsa (minta diupdate) dan akan otomatis update software tersebut (canggih cuk).


FIRST!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Anda harus registrasi terlebih dahulu pada web https://www.redhat.com/en  buat user dan password nya agar kita dapat menggunakan repository official dengan user yang telah dibuat. Setelah selesai dibuat, cekidooottt.... 




1. Login menggunakan user root, dan ketikkan perintah berikut untuk login menggunakan user redhat yang akan diintegrasikan dengan RHEL (mirip fitur auto singkron outlook microsoft dengan windows).

Masukkan "--username" dengan user yang telah dibuat, dan jangan lupa passwordnya. Berikut adalah beberapa penjelasan dari perintah

CommandDescription
Operational Commands
registerUntuk register atau identifikasi sistem baru yang akan di subscription
unregisterUntuk unregister sistem, menghapus subscription dan segala yang terkait di subscription-manager (reset to default).
attachUntuk menetapkan subscription beserta fiturnya pada sistem.
--autoUntuk membiarkan subscription berjalan default (yang terbaik), kita auto kan saja :v

Setelah benar te-registrasi, maka akan muncul status dan info mengenai lisensi.


Masih kurang yakin ??? Cek lagi subscription-nya dengan perintah berikut. Status "Current" menandakan bahwa sistem sudah teregistrasi dengan redhat. Jika anda gagal, maka outputnya menjadi "Unknown".




2. Sekarang kita update, dan kita lihat masa expired RHEL sampai dengan waktu yang telah ditentukan.


Cek apakah repository sudah ada di folder repository. Jika ada, akan muncul seperti ini.


Cek, repository apa saja yang tersedia oleh redhat official.




Anjirrr, banyak ternyata... Karena status repo "Enabled : 0" berarti repository masih belum bisa dipakai. Untuk mengaktifkan semua repo, anda bisa menggunakan perintah berikut..


Dan bila anda tidak ingin menggunakan repo official (biasanya karena lisensi udah expired, dan udah remove lisensi) jadi anda bisa menggunakan perintah.





Sekian.. Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: