Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Pada kali ini saya akan membagi tutorial tentang cara instal windows server 2012 dengan ...

Windows Server 2012 : Instalasi Windows Server 2012


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh


Pada kali ini saya akan membagi tutorial tentang cara instal windows server 2012 dengan OS windows server 2012 R2. Setelah sebelumnya saya telah menshare artikel tentang beberapa pilihan di windows server 2012 R2. Ada 4 mode dalam windows server 2012 R2 ini, yaitu : 
  • Windows 2012 R2 Standard Evaluation (Server Core Installation)
  • Windows 2012 R2 Standard Evaluation (Server with a GUI)
  • Windows 2012 R2 DataCenter Evaluation (Server Core Installation)
  • Windows 2012 R2 DataCenter Evaluation (Server with a GUI)



Installah sesuai dengan kebutuhan kalian. Saya tidak bisa menjelaskan perbedaan mendetil dari pilihan ini, karena sudah saya share sebelumnya.



Kali ini saya akan menginstall windows Server 2012 versi Windows 2012 R2 Standard Evaluation versi GUI nya. Oh iya, untuk requirement atau spesifikasi untuk OS ini, sudah saya share juga kok. Ok, lanjut ke instalasi...  Kuyy simaakk !!



1. Masukkan CD/DVD/Bootable dari windows server ke PC(Laptop/komputer) kalian 


2. Klik “Install Now” lalu pilih bahasa, zona waktu, dan metode input yang akan gunakan saat instalasi. 
  • Pilih lah mode sesuai dengan kebutuhan, Saya memilih itu. Windows 2012 R2 Standard Evaluation (Server with a GUI)




3. Lalu klik “next” dan terima license “i accept the license term” dan “next”





4. Pilih metode costum untuk yang baru menginstall windows server, dan partisi. 

*Tips : Waktu memilih hardisk untuk dipartisi. Klik pada hardisk tersebut, lalu klik “new”. Dan akan muncul nominal untuk dipartisi, saran saya berapapuna ngka yang keluar, klik saja “Apply” agar sistem secara otomatis mempartisi. Lalu pilihlah partisi yang paling besar untuk meletakkan OS.



5. Lalu biarkan laptop mengopi OS dari Bootable. Dan tunggu hingga restart.


6. Lalu akan masuk ke tampilan berikut


*Tips lagi : Pada virtual Box, step ini tidak bisa dilewati hanya dengan memencet sembarang tombol layaknya windows 8 atau 10. Pada step ini Anda disuruh menekan tombol “CTRL+ALT+DEL”. Namun TIDAK AKAN BISA. Caranya adalah, menekan “CTRL+DEL” saja.





7. Lalu isikan password Anda. Gunakan kombinasi antara huruf, angka, dan symbol. Jika tidak, windows tidak akan mau mengonfigurasi password Anda.



8. Selesai. Selamat menikmati windows Server 2012 Standard evaluation GUI


Terima kasih sudah menyimak. Saya TS mengucapkan banyak-banyak terimakasih. 
Seperti kata pepatah, sedikit sedikit lama lama menjadi bukit.
Sampai jumpa
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

0 comments: