Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh Kali ini saya akan share tutorial tentang RHEL (Red Hat Enterprise Linux) 7 nih.. Biasa.....

RHEL 7 System Management 1 : Set Hostname Red Hat Enterprise Linux 7


Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh
Kali ini saya akan share tutorial tentang RHEL (Red Hat Enterprise Linux) 7 nih.. Biasa.. sebagai penggugur tugas aja. Gw gak mau lama-lama, langsung aja cauuuss kita ke tutorial.

Sebelumnya saya menggunakan RHEL minimal installation fresh... alias baru banget gue installl cuyyyyyyy :v


MERUBAH HOSTNAME

Kita akan rubah hostname. BTW, hostname ini saya set pada saat instalasi RHEL 7. Jadi ya... nanti kita akan oprek dengan hostname seperti ini,,



Untuk apa hostname ??? digunakan sebagai identitas dari PC kita. Di Windows, Linux, IOS pun juga ada hostname. Mengganti hostname di RHEL7 ada banyak cara. Kali ini kita akan bahas 4 cara :

1. use hostname control utility: hostnamectl
2. use NetworkManager command line tool: nmcli
3. use NetworkManager text user interface tool : nmtui
4. edit /etc/hostname file directly (a reboot afterwards is required)

Dan ada beberapa tipe hostname yaitu :

Hostname TypeDescription
StaticAssigned by the system admin
DynamicAssigned by DHCP or mDNS server at runtime
PrettyAssigned by the system admin. Its can be used as Description like “Oracle DB server”
Tipe static lah yang paling utama atau harus kita gunakan. Dua lainnya itu tambahan aja (optional). Lalu kita akan bahas 4 cara saja mengganti hostname,, cuss


Cara pertama : hostnamectl






Cara ke-2 : nmcli






Cara ke-3 : nmtui (GUI)







Yap.. mungkin itu aja dari saya. Sekian terimakasih.. Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: