Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh Kali ini saya akan share tutor NIC Teaming di Windows Server 2012. NIC Teaming adalah f...

Windows Server 2012 Basic : Windows NIC Teaming menggabungkan lancard


Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh

Kali ini saya akan share tutor NIC Teaming di Windows Server 2012. NIC Teaming adalah fitur windows yang memungkinkan anda untuk menggabungkan beberapa lancard dalam 1 pengaturan. Biasanya ditujukan untuk load balancing, failover, dll.

NIC Teaming sendiri pada Windows Server 2012 R2 support 2 model, yaitu :

  • Switch Independen Mode : Semua network adapter terhubung pada switch yang berbeda, menyediakan jalur yang berbeda. Kebutuhannya untuk melakukan failover atau fault tolerance.
  • Switch Dependen Mode : Semua network adapter terhubung pada switch yang sama, menyediakan satu jalur interface untuk melakukan kombinasi link bandwidth.


Selain itu NIC Teaming juga dapat menekan risiko kegagalan jaringan pada server, meningkatkan performa dan troghput dari server itu ketika diakses. Yuk cekidot kita ngonfig.

1. Server Manager > All Server > "Server" (Klik Kanan) > Configure NIC Teaming.



2. Pada bagian bawah, pilih TASKS > New Team.



3. Pilih interface yang ingin anda gabungkan. Lalu OK
 Note:
  • Adalah nama untuk nic teaming nya (bebas)
  •  Pilih Interface
  • Teaming mode dipilih Switch Independent karena interface terhubung dari jalur yang berbeda. Load Balancing berdasarkan default atau Dynamic yang akan dibagi secara otomatis oleh windows. Standby Adapter adalah pengaturan hanya sebagian interface yang digunakan atau seluruhnya.



4. Jika sudah OK cek pada local server apakah NIC Teaming sudah Enable, bukan Disable.

2 comments:

  1. Maksudnya jalur yg berbeda apa ya pak ? Kabel yang beda atau segmen IP Add yg beda ? Kalo terhubung ke switch yg sama dan ip yg sama bagaimana caranya ?

    ReplyDelete