Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Selamat kembali lagi bersama saya di blog kesayangan kita ini. Masih asik dengan Win Serv...

Windows Server 2012 : Membuat DNS dan install ADDS


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat kembali lagi bersama saya di blog kesayangan kita ini. Masih asik dengan Win Server, kali ini saya akan share mengenai tutorial/konfigurasi cara membuat Active Directory Domain Service atau ADDS.

Sebelumnya ada yang udah tahu ADDS ? Eh, Domain aja deh. Ada yang udah tahu domain  ? Iya, biasanya domain yang kalian tahu adalah .com .org .net .co.id dan lain lain. Kalian pasti udah belajar itu kan? sekarang kita belajar cara membuat .com .org gitu pake Windows Server 2012.. waaaaawwwwww....

Jangan bilang susah dulu kalau belum dicoba. Nih pengertian Domain dan ADDS.


ADDS terdiri dari konfigurasi Active Directory berserta DNS. Jadi gini, ADDS gak bakal berjalan kalau gak ada DNS. Mereka saling melengkapi seperti aku dan kamu ... :v . Pengertian Active Directory dan DNS :
  1. Active Directory adalah fitur direktori yang dimiliki oleh sistem operasi jaringan Microsoft Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, dan Windows Server 2008 serta 2012. Active directory terdiri atas Database (basis data) dan layanan direktori. Basis data disini maksudnya adalah menyimpan segala sumber daya yang terdapat dalam suatu jaringan dan dalam satu domain. Bisa juga diartikan serbagai Directory Service yang menyimpan konfigurasi suatu jaringan
  2. DNS (Domain Name System) adalah komponen yang harus ada selain ADDS dalam membuat domain di Windows Server. Domain adalah suatu kumpulan PC dari satu grup/jaringan yang sama dan saling berbagi resource dengan managementnya terpusat melalui DC. Suatu kumpulan PC tidak bisa dikatakan domain bila tidak mempunyai DNS. Logika sederhananya, suatu geng motor (domain) gak bisa dibilang Geng bila tidak ada Surat Izin Resmi nya (DNS).
Nah kalau tadi kan udah pengertiannya, sekarang kita masuk ke konfigurasinya.. Let's check this Out!!

Cara membuat domain di Windows Server 2012, cara mengonfigurasi domain di Windows Server 2012, Cara membuat .com dengan server :

  1. Buka dulu Win servernya, buka Server Manager, Klik "Manage" pada toolbar atas dan klik "Add roles and feature" untuk menambah fitur ADDS.
  2. Disini keluar roles atau aturan-aturan dalam menginstall sebuah fitur/paket. Disini juga berisi anjuran-anjuran dalam menambah fitur atau aturan. Next aja gan ..
  3. Bila kalian ingin menambah fitur pada Windows Server yang berada dalam .vdi / virtual hardisk, bisa memilih opsi dibawahnya. Karena kita akan langsung mengonfigurasi servernya.  Jadi "Next" lagi

     
  4.  Di menu "Select destination server" ini, berisi tentang OS yang ada pada hardisk server. Bila didalam hardisk yang sama dengan Windows Server anda terdapat OS lain/ dual boot. Maka pada tabel "Server Pool" akan tampil OS lain yang muncul dideskripsi. Karena saya hanya menggunakan windows server, jadi ya langsung "next".
  5. Centang pada kolom "Active Directory Domain Services" dan "DNS Server"
  6.  Centang pada kolom "include .." lalu klik "Add Features"
  7. Lakukan juga pada tools DNS.  Lalu klik "Next"
  8.  Bila Muncul notif seperti ini. Dan ada tulisan "No Static IP addresses were found on this PC..." Berarti anda harus setting IP address dahulu untuk PC Anda.
  9. Menuju ke Control Panel > Open Network and Sharing center > Ethernet >  IPV4. Setting IP nya sesuai keinginan anda. Karena ini merupakan server domain, jadi saya ingin sekaligus menjadikan server ini sebagai domain dan gateway. Maka saya setting konfigurasi seperti disamping.
  10.  Di "Select features" ini berisi fitur-fitur online/ didapat dari internet. Karena gak ada lagi yang perlu diinstal, "Next" aja.
  11.  Di step ini, tampil beberapa aturan dan deskripsi mengenai ADDS.
    ADDS :
    Fitur ini berguna untuk membantu administrator untuk menyimpan konfigurasi ini dan sumber berbagi file dan berkolaborasi (saling terhubung) satu sama lain antar user.

    Baca aja duluu.. baru "Next".

     
  12. Begitu juga pada DNS.

     
  13.  Next lalu ketemu beginian. Centang pada kolom restart. Lalu Install. Dan biarkan windows menginstall paket.
  14. Restart dan cek fitur ADDS dan DNS apakah sudah terpasang dengan membuka aplikasi "Server manager".
  15. Klik "notifications" yang ada tanda serunya, dan klik "promote this server to a domain controller". Kita akan mengonfigurasi DNS ini.
  16. "Add a new forest". Lalu masukkan nama domain anda (bebas dan gak harus belakangnya .com)
  17. Set Password lalu next. Password ini akan digunakan saat client mem verifikasi untuk bergabung dengan domain.

     
  18.  Next aja
  19.  Net BIOS ini ibarat nama panggilan Domain.
  20.  Ini adalah letak konfigurasi domain nya. Harap diingat, di ss, lalu di simpan.
  21.  Review, ini ibarat sebuah bill pembayaran. Apakah semua konfigurasi sudah benar atau belum.
  22. Tunggu Sebentar lalu install.

     
  23. Setelah selesai anda akan diminta restart PC.
  24.  Login kembali, lalu buka Server Manager. Dan klik Tools pada toolbar dan klik "DNS"
  25. Menuju Forward Lookup Zones > ihsan.com. Lalu klik kanan pada "ihsan.com" lalu klik "New Host (A or AAA..)
  26. Isikan nama Client yang akan bergabung dengan domain anda beserta IP nya
  27.  Selesai.. Sekarang kita tes domain nya dengan join Domain di Client


Kesimpulan:
Adds dan DNS tidak dapat dipisahkan. Logikanya, ADDS adalah surat izin dan DNS adalah perkumpulannya.

Oh iya, ini baru ADDS dan DNS saja. Walau sudah terbentuk nama domain "ihsan.com" tapi, ini masih belum layak untuk dijadikan sebuah web. Karena ini masih sebuah nama, bukan isi. Ngerti ? Ibarat tahu isi, ini baru Tahu nya saja, ini belum ada isinya. Kalau ente mau belajar bikin website ".com" buka disini

Domain berfungsi sebagai KTP untuk PC kita. Bila kita mengakses sebuah jaringan luar. Maka yang terdeteksi IP nya/ nama PC nya adalah PC server.

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf..
Wassalamualaikum Wr. Wb. 

1 comment: