Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Balik lagi bersama ane :v ane mau share tentang Load balance di proxy gan. Pernah antu...

CentOS 7 : 8.10 Load Balance Mod Proxy Web Server Apache


 Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Balik lagi bersama ane :v ane mau share tentang Load balance di proxy gan. Pernah antum dengar Load Balancer ? Secara bahasa artinya menjadi penyeimbang. Dalam artian, kita akan set 2 server Node alias 2 Webserver. Nah sebelum itu,  kuy lah kita ke Node2.




Konfigurasi Node 2 atau Web Server 2
Materi ini merupakan materi lanjutan dari lab sebelumnya. Di Server ini saya hanya akan install web server apache. Berikut adalah IP nya. Jangan lupaDNS nya di arahkan ke kontroller.




Setelah terinstall web server nya, sekarang kita tambahkan konten dari web servernya. Lokasi default yaitu /var/www/html/index.html
nano /var/www/html/index.html





Lalu buka file Proxy Lanjutan dari Lab sebelumnya.
nano /etc/httpd/conf.d/proxy_gw.conf


Lalu isikan script seperti ini.

-ProxyRequests = sintak untuk opsi konfigurasi default dari proxy nya. Yaitu fitur mod_proxy.so
-ProxyPass = sintak untuk memilih atau melanjutkan kemana server proxy akan mengakses, menuju dan disini saya akan mengarahkan nya ke "cluster" balancer://ihsan (balancer://ihsan nya bisa diganti semaumu.
-lbmethod = sintak untuk mengaktifkan load balance nya. Saya atur dengan byrequests yang artinya balance akan bekerja berdasarkan permintaan / quest dari user.
-<proxy balancer://ihsan> = yaitu module pada proxy yang digunakan untuk load balance nya. Harus samakan dengan "cluster" awal yaitu balancer://ihsan
-BalancerMember = Server yang akan di balance atau diseimbangkan oleh proxy server.
-loadfactor = range request dari client pada 1 server. Ya kita liat aja nanti pas praktek di akhir tutorial. Jadi saya akan set loadfactor itu 2, jadi saat client nanti me refresh atau melakukan quest pada server, maka server akan otomatis mengalihkan ke node yang satu lagi.





Lalu restart DNS dan Apache nya.
systemctl restart httpd
systemctl restart named




Lalu coba akses domain yang telah dibuat oleh klien. Berikut adalah halaman utama berdasarkan konten node1

 JIKA DI REFRESH, MAKA CONTROLLER AKAN MENGAMBIL KONTEN DARI NODE2. DAN JIKA DI REFRESH 2 KALI BERDASARKAN LOAD FACTOR. MAKA IA AKAN KEMBALI KE NODE1

0 comments: