Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Ciiee balik lagi bersama saya, kali ini saya mau share aja tentang cara install phpMyA...

CentOS 7 :9.8 Enable phpMyAdmin in MySQL Apache on CentOS 7

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Ciiee balik lagi bersama saya, kali ini saya mau share aja tentang cara install phpMyAdmin di CentOS 7 dengan Apache. Yak kawan-kawan udah tau lah tentang apa itu PhpMyAdmin.. 

phpMyAdmin adalah aplikasi Web Based sebagai Pusat untuk mengatur Aplikasi database. Jadi ya phpMyAdmin ini bisa dikoneksikan dengan aplikasi database MariaDB atau MySQL. Ini berbasis Web Based, tinggal akses lewat browser, kita sudah bisa memanajemen database kita :v . Daripada memanajemen database di server langsung yang layarnya itemputih :v huuu seremmmm...

Ini juga memudahkan para web programmer dalam mengolah database mereka. Aplikasi ini akan saya jalankan dengan menggunakan Apache dan juga Install PHP (module php untuk apache). Baru deh, kita akan install dan konfigurasi phpMyAdmin nya.

TOPOLOGI

Bahan-bahan yang saya butuhkan :
      • - Koneksi Internet
      • - Repository Epel
      • - Sudah terinstall DNS dan Apache, tutor DISINI
      • - Install PHP module apache, tutor DISINI
      • - Install MySQL, tutor DISINI



Pokok Bahasan Kita : 
    1. 1. Install Repository Epel dan Aplikasi phpMyAdmin
    2. 2. Konfigurasi phpMyAdmin
    3. 3. Uji Coba Client

Langsung aja cap cip cuuusss..... Menuju ke tutorial

Install Repository Epel dan phpMyAdmin

1. Install repository epel nya
yum install epel-release

2. Install aplikasi phpMyAdmin nya melalui repository epel.
yum --enablerepo=epel install phpMyAdmin php-mysql php-mcrypt -y



Konfigurasi phpMyAdmin


1. Kita akan edit sedikit pada bagian ini..
nano /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf



2. Menuju ke baris "17", pada kata "Require ip". Kita tambahkan IP dari network kita. Penjelasan ada di nomer 3 nanti yakkk
Require ip 127.0.0.1 172.16.11.0/24



3. Lalu menuju ke baris 34, pada kata "Require ip". Tambahkan IP Network kita.
Require ip 127.0.0.1 172.16.11.0/24
Keterangan :
"Require ip" adalah sintak yang mengizinkan siapa saja yang boleh mengakses phpMyAdmin nya. Karena server saya itu CLI, saya agak "kesusahan" jika harus membuat database langsung di servernya. Layarnya item putih cukk.... Maka dari itu, saya akan meremoteDatabase lewat client yang satu jaringan dengan Server CentOS nya. Inilah fungsi dari Require ip



4. Kita restart Apache nya..
systemctl restart httpd



Uji Coba Client

Saya uji dengan client Windows 10 PRO ORI lewat browser Mozilla..
akses domain anda (domainanda)/phpMyAdmin ... Lewat browser ya gann.. Masukkan User anda




Yakk udah sippp.... BISA!!1

0 comments: