Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Saya akan share how to install phppgadmin in PostgreSQL CentOS7 atau cara install phppga...

CentOS 7 : 9.2 Enable phpPgAdmin in Postgresql Apache CentOS 7


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Saya akan share how to install phppgadmin in PostgreSQL CentOS7 atau cara install phppgadmin di centos 7. Nah kita sudah tau persis, buat apa phppgadmin ini. PhpPgAdmin hampir mirip dengan PhpMyAdmin. Ini untuk memudahkan kita mengatur database dalam bentuk web based, atau konfigurasi melalui web browser. Ya model GUI gitu lah..

phpPgAdmin ini adalah aplikasi database manager. Untuk Database nya sendiri, saya menggunakan postgresql. Nah si phpPgAdmin ini adalah pelengkap biar kita gak ribet untuk memanajemen database. PhpPgAdmin dapat berjalan dalam mode web base.

SEbelumnya saya sudah pernah share tentang install PostgreSQL. Cek ajalah di postingan sebelumnya. Sekarang kita akan coba install web based phppgadmin di PostGreSQL. Yeayyy Cek this outt....


SEDIAKAN :

Yosshhh!!!! Praktek!!!

nano

Instalasi phpPgAdmin

1. Pertama kita akan install repository epel terlebih dahulu...
yum install epel-release
Lalu kita cek apakah repository sudah terinstall. Bisa juga menggunakan "Yum repolist"
yum repolist



2. Lalu kita install PhpPgAdmin melalui repository epel. Dengan perintah
yum install --enablerepo=epel -y install phpPgAdmin php-pgsql



3. kita edit sedikit phpPgAdminnya.
nano /etc/phpPgAdmin/config.inc.php



4. Cari baris ke 18 pada kata "$conf['servers'][0]" kita akan edit sedikit menjadi... Ini adalah hostname dari komputer kita. Karena ane gak mau ribet, dan juga database nya ada didalam server itu sendiri, ane ketik 'localhost' aje.





5. Tambahkan kata 'localhost'; Ini berfungsi agar phpPgAdmin mengambil database didalam komputer CentOS itu sendiri. PAHAMI KATA "LOCALHOST"




6. Lalu ke baris "35" dan "36". Kita akan rubah direktori dump nya. Ini adalah direktori untuk menyimpan cache, dan log dari phpPgAdmin.




7. Saya akan arahkan ke direktori PostgreSQL nya itu sendiri.





8. Menuju ke baris 93. Pada kata "extra_login_security".




9. Karena kita akan menggunakan user dan settingan dari PostgreSQL, maka untuk extra loginnya kita false. Jadi settingan login dari aplikasi phpPgAdmin tidak akan bentrok dengan settingan login atau user dari PostgreSQL. Keluar lalu simpan...





10. Menuju kebaris 99 pada kata "owned_only". Kita akan merubah "false" menjadi "true" agar database yang terlihat pada saat kita mengakses phpPgAdmin lewat browser, itu sesuai dengan apa yang ada pada postgresql. Ini juga menyesuaikan dengan user yang ada pada PostgreSQL nya. Jadi  bila kita mem-false kan nya, maka nanti saat kita akses PhpPgAdmin, maka akan muncul list database berdasarkan konfigurasi ini



11. Kita rubah menjadi "true". Lalu keluar dan simpan.





12.  Lalu kita edit sedikit pada pg_hba.conf alias konfigurasi postgresqlnya.
nano /var/opt/rh/rh-postgresql95/lib/pgsql/data/pg_hba.conf




13. Pada baris ke 78. Kita akan edit baris 78-84, kita akan edit.. Perhatikan editannya yakk...





14. kita akan rubah menjadi demikian. "host" tujuannya adalah untuk menjalankan atau mengizinkan host pada Range network atau IP sekian agar dapat mengakses database "all" dan "all". Methode "md5" adalah tipe akses nya menggunakan password atau dienkripsi dengan md5.




15. Sekarang kita akan edit lagi pada global konfigurasi pada phpPgAdmin.conf nya.
nano /etc/httpd/conf.d/phpPgAdmin.conf



16. Menuju ke baris 12. Pada kata "#Require host example.com" Lalu kita "ENTER".





17. Kita tambahkan "Require IP". Ini adalah IP network dari kita. Siapa saja yang akan kita berikan akses untuk mengedit phpPgAdmin kita. Jika tidak diisi, bagaimana cara kita menambahkan user bila kita mengakses dari komputer lain ?





18. Kita restart aplikasi postgrenya dan juga phpPgAdminnya. Bila tidak ada kesalahan konfigurasi, maka yaa tidak akan muncul dah tuh tulisan "FAILED"
systemctl restart httpd rh-postgresql95-postgresql






19. Sekarang kita daftarkan database ke SELINUX. agar aplikasi ini dapat diakses secara otomatis dari luar tanpa di blok.
setsebool -P httpd_can_network_connect_db on


AKSES DATABASE

Sekarang kita akan mengakses Database nya.. pastikan anda sudah menginstall domain dan web server nya.





1. Buka browser anda, dan akses "(domain-anda)/phpPgAdmin".




2. Yeayyyyyy!!! Terbukaa!!! Sekarang kita login menggunakan user dari PostgreSQL nya.




3. Yassshhsalam beybehh!!! Kelaar!!!






1 comment: