Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Ciee, balik lagi nih. Kali ini ane bakal share cara membuat 2 webserver dalam 1 IP. Ja...

CentOS 7 : 8.13 Enable Virtual Hosting (2 domain dalam 1 IP) On NginX Centos 7

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Ciee, balik lagi nih. Kali ini ane bakal share cara membuat 2 webserver dalam 1 IP. Jadi kita akan buat 2 Domain terlebih dahulu. Lalu kita akan konfigurasi NginX nya. Peta konsep nya kurang lebih gini
  1. Install 2 DNS pada 1 IP (www.networknjay.com dan ns.networknjay.com)
  2. Pastikan NginX sudah terinstall di Server anda
  3. Konfigurasi Virtual Hosting


Nah begitulah.. Berikut adalah topologi yang saya gunakan




Kita edit sedikit pada konfigurasi global nginx nya.
nano /etc/nginx/nginx.conf




Menuju ke baris 41 pada kata "server_name".




Karena sebelumnya telah kita isi dengan domain utama, sekarang kita rubah sedikit. Jadi untuk konfigurasi VHost nya akan di baca pada file lain.




Lalu kita buat file baru untuk vhost nya. NAMA-NYA BOLEH BEBAS. Asalkan ada format ".conf" pada akhir nama file nya.
nano /etc/nginx/conf.d/direktoriuser.conf

Saya isikan seperti ini. Saya biarkan domain www.networknjay.com tetap pada direktori utama web server yaitu /user/share/nginx/html. sementara untuk domain ke dua, "ns.networknjay.com" saya akan arahkan direktori servernya ke /usr/share/nginx/domain-2


  • Listen 80 artinya web server akan di request pada port 80 atau default http. Apa bisa diganti ? Yap, bisa diganti. Menjadi 8080 misal, atau 7654, itu bisa anda lakukan. Tapi, waktu anda mengakses web server anda, anda harus tambahkan port nya secara default misal www,networknjay.com:8080
  • server_name adalah sintak untuk mendefinisikan nama server yang akan digunakan.
  • Location / sintak yang berfungsi untuk mengatur letak direktori dari server tersebut.
  • root /usr/share/nginx adalah direktori utama atau root dari web server tersebut. Biasanya berisi index, atau menu utamanya.
  • index index.html index.htm; nah ini untuk mendefinisikan tampilan awal atau menu utama yang akan disediakan oleh web server.




Lalu simpan dan restart nginx nya. Bila tidak ada PENULISAN KATA SALAH. Seharusnya tidak muncul kata "failed"

systemctl restart nginx



Nah karena direktori untuk ns.networknjay belum dibuat, mari kita buat :D.
mkdir /usr/share/nginx/domain-2



Lalu kita buat file index.html nya.
nano /usr/share/nginx/domain-2/index.html




Biar jaga-jaga aja, kita restart nginx nya.






Ujicoba Web Server pada klien.

Disini saya akan mencoba akses dengan windows 10pro dengan aplikasi mozilla. SAYA TELAH MENGARAHKAN DNS NYA KE SERVER SAYA. Jika anda belum arahkan, ya mungkin tidak akan bisa diakses oleh anda.


www.networknjay.com




ns.networknjay.com

0 comments: