Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Kembali lagi di postingan yang kampret ini. Saya akan coba share cara install NginX ...

CentOS 7 : 8.12 Install Nginx on CentOS 7


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Kembali lagi di postingan yang kampret ini. Saya akan coba share cara install NginX di CentOS 7 secara manual. BTW, SAYA SUDAH MENGINSTALL DNS DENGAN DOMAIN "www.networknjay.com" jadi ya tinggal konfigurasi NginX nya aja. 

Lebih ringan Apache (httpd) ? atau NginX ?? Penelitian terbukti bahwa NginX itu lebih ringan dibanding apache. Namun dari segi performa, Apache lah yang terbaik. Saya sudah mencoba keduanya, dan alhasil, memang begitu kenyataannya. NginX bisa lebih ringan, karena saat kita menjalankan atau meng enable kan suatu tools, maka toolsitu saja yang akan diolah. Tidak seperti Apache apabila 1 tools kita jalankan, tapi semua konfigurasi harus dibaca terlebih dahulu. 

Tapiiii,, ntah kenapa Apache performanya lebih cepat _-_ dibanding nginX. NginX adalah aplikasi web server yang berjalan pada banyak OS. Debian, Opensuse, CentOS, Fedora dll dapat menggunakan aplikasi web server ini. Hampir sama seperti IIS. Tapi yang ini tampilannya item putih.


Nah berdasarkan topologi diatas. Kita akan menginstall nginX pada server dengan DNS www.networknjay.com atau 172.16.11.115 Mari kira prakteeekkk!!!

BTW, ane pake repo online. Biar langsung Josshh1!!!


Konfigurasi Server


1. Install terlebih dahulu nginX nya
yum install nginx -y





2. Lalu edit konfigurasi global dari nginx, pada direktori "/etc/nginx/"
nano /etc/nginx/nginx.conf




3. Menuju ke baris 41 pada kata "server_name".


5. Kita isikan domain utama kita disini.


6. Simpan, dan restart nginx nya. Bila tidak ada kesalahan penulisan kata, maka tidak akan muncul "failed"
systemctl restart nginx



7.  Tambahkan service nginx ini pada firewall. Jika ini tidak dilakukan, kita tidak akan bisa mendapatkan konten web server. Karena akan ditolak oleh firewall. Kita masih bisa ping domainnya, tapi untuk urusan konten web, maka akan ditolak oleh firewall.
firewall-cmd --add-service=http --permanent
firewall-cmd --reload




8. LALU KE KONFIGURASI KLIEN. Saya akan arahkan DNS nya ke IP Server Nginx nya. 





Pengetesan klien

Saya menggunakan windows 10 pro original dengan browser chrome. Saya akan akses web server saya yaitu "www.networknjay.com"




Kembali ke Server

Karena server kita masih kosong, ada baiknya kita isikan index.html yang waah :V


 \


Lalu coba akses lagi dengan client windows 10

0 comments: