Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh Kembali lagi. Kali ini TS mau share cara enable PHP di nginX Centos 7. Mirip-mirip sama ...

CentOS 7 : 8.17 Enable PHP-FPM di NginX CentOS 7

 Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Kembali lagi. Kali ini TS mau share cara enable PHP di nginX Centos 7. Mirip-mirip sama enable php di apache. Ini berguna ketika anda ingin menjalankan web server, tapi tipe index nya adalah php atau web server nya berbentuk dinamis. Secara default apache dan nginx belum mengaktifkan fitur PHP ini. Jadi ya kita enable secara default aja yakkk...

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.




Langsung aja yakk kita ke praktek..



 BERIKUT TOPOLOGI NYA.. SAYA MENGGUNAKAN DOMAIN "www.networknjay.com"


 Konfigurasi Server Networknjay


1. Install php beserta kawanannya.
yum install php php-mbstring php-pear




2. Setelah selesai. Lalu kita install repository Remi. Ini berisi paket aplikasi php-fpm  (PHP- FastCGI Proses Manager).
yum install -y http://rpms.remirepo.net/enterprise/remi-release-7.rpm





3.Lalu install paket aplikasi PHP-FPM diambil dari repository remi.
yum install -y php-fpm




 4.Nah setelah terkonfigurasi. Kuy kita edit sedikit untuk konfigurasinya.
nano /etc/php-fpm.d/www.conf





 5. Menuju baris ke 39 dan 41. Pada kata "user" dan "group".






 6. Kita ganti tulisan apache tersebut dengan "nginx". Untuk penjelasannya, bisa dilihat pada baris sebelum tulisan tersebut.





 7. Kita restart aplikasi php nya..
systemctl restart php-fpm



8. Kita menuju ke file konfigurasi web terpisah dari nginx.
nano /etc/nginx/conf.d/direktoryuser.conf

Lalu tambahkan skrip berikut.


Keterangan
FastCGI proxy di NginX berfungsi untuk menerjemahkan request konten pada server yang gak harus memproses langsung permintaan klien. Mirip-mirip sama penyimpanan cache gitu deh. FastCGI di NginX ini befungsi untuk menjalankan PHP. Jadi ya ada PHP di Nginx, pasti sudah sepaket dengan FCGI. Berbeda dengan Apache yang dapat menjalankan mod_php secara default dengan sedikit tambahan konfigurasi. NginX pada PHP ini berjalan dengan service yang terpisah. Yapp, jadi beda service gitu dan itungannya lebih hemat RAM. Berbeda dengan Apache yang menjalankan service nya dengan otomatis membaca seluruh service yang di jalankan. INILAH ALASAN MENGAPA NGINX itu lebih ringan dari pada Apache. Tapi NGINX kalah performa dibanding APACHE.

  • fastcgi_pass adalah sintak pada konfigurasi nginx untuk menentukan siapa yang menjadi server nya yang mau dijalankan service PHP.
  • fastcgi_param adalah sintak untuk mengatur parameter FCGI(Pokoknya itu bahasa dia deh)
  • include fastcgi_params digunakan untuk mengaktifkan parameter fgi pada global konfigurasi nginx (/etc/nginx)







9. Lalu restart Nginx nya. Bila tidak ada kesalahan penulisan, maka tidak akan muncul kata "failed".
systemctl restart nginx





10. Lalu kita pindahkan skrip php default dari aplikasi nya (mager nulis skrip php :v) lalu pindahkan ke direktori web server kita.





UJI COBA CLIENT

Menggunakan windows 10 pro ori dengan browser "Chrome" saya akan mencoba mengakses server saya, apakah web server saya sudah bisa menjalankan PHP atau belum.



Sekiann wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

0 comments: