Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.. Balik lagi ke blog si bangsat ini. Cyyaaaa, udah stres ama tugas tugas. Yaudah langsu...

CentOS 7 : 8.9 Mod Proxy Backend Server and Forwarded Path on Apache


Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh..

Balik lagi ke blog si bangsat ini. Cyyaaaa, udah stres ama tugas tugas. Yaudah langsung aja ah nih proxy proxy an. Sebelumnya, proxy ini sudah saya share di materi Umum TKJ.

Apa itu Proxy ???
Pengertian Proxy dari beberapa web yang ane rangkum
  1. Wikipedia
    Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
  2. Dari Blognya si fulan
    Proxy Server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.
  3. Menurut ane
    Proxy Server adalah server yang berfungsi untuk memanage (meneruskan atau memblok) request dari client untuk web, ftp dan sebagainya.


BTW, NODE 2 NYA TIDAK KITA PAKAI. KARENA ITU UNTUK MATERI SELANJUTNYA. CEKIDOOTT BELAJARNEEE!!!


Konfigurasi Node1 alias WebServer 1.


Langsung aja, kita ke konfigurasi. Kita ke Node1 alias Web Server 1. Nah ini kita akan isi dengan konten web. BTW, INI CENTOS YANG ORIGINAL. Masih fresh install. Lalu saya install web server-nya, dan saya masukkan kontennya. GAK USAH PAKE DNS. Nih kita buat index nya.
nano /var/www/html/index.html





Jika sudah, lalu set IP nya. Node 1 saya gunakan IP 172.16.11.125/24. Dengan DNS mengarah ke Controller.

 Jika IP sudah terkonfigurasi. Sekarang kita beralih ke Controller alias server yang mengatur jalannya konten.




Konfigurasi Controller atau Main Server


Nah Controller ini lah pusat dari Proxy nya. Di Server ini, kita instal DNS DAN WEB SERVER APACHE. Udah saya atur dengan DNS : www.networknjay.com .. Dan Web Server yang masih kosong. Untuk kontennya saya akan ambil dari Node1 alias server yang lain. Cieee :v kayak html manggil file dari luar folder gitu kwkwkw.

Untuk DNS sudah saya install dengan baik,lalu web server-nya tanpa saya konfigurasi apapun. Lalu kita cek, apakah web server menyedia mod_proxy untuk lab kita kali ini ?

Berikut contohnya

grep "mod_proxy" /etc/httpd/conf.modules.d/00-proxy.conf
Keterangan: Tuh, kita bakal make mod_proxy_balancer nya untuk 4 lab kedepan  :3.




Lalu setelah module proxy ada. Kita akan buat file yang akan menggunakan modulebalancer. Berikut perintahnya, INI MEMBUAT FILE BARU. Terserah apa nama file nya, yang penting belakangnya ".conf"
nano /etc/httpd/conf.d/proxy_gw.conf





Isikan seeperti berikut.

ProxyPass dan ProxyPassReverse adalah alamat konten web berada. Dalam artian, berarti web server yang akan direquest client berada pada server 172.16.11.115 alias node1. Karena saya gak install DNS pada node1, akhirnya saya menggunakan IP 172.16.11.115



Lalu kita restart httpd/ apachenya. Jika tidak ada "typo" atau "salah ketik" dalam penulisan sebelumnya. Maka seharusnya ini berhasil.

systemctl restart httpd




Testing Client


Sebelum antum test, PASTIKAN IP CLIENT/ WINDOWS ANDA SATU NETWORK DENGAN SERVER dan HARUS DIARAHKAN DNS NYA KE IP CONTROLLER. Jika sudah, buka browser dan coba akses domain www.networknjay.com
Add caption

0 comments: