Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.. Yappp, kali ini ane mau share aja nih, cara aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa........... O...

CentOS 7 : 8.15 Enable Basic-Authentication On Nginx centos7

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh..

Yappp, kali ini ane mau share aja nih, cara aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa........... Oh iya, enable basic-auth di NginX CentOS7. Sebelum masuk materi, ada baiknya kita share dulu apa itu basic-auth.

Basic Authentication adalah cara mengakses web server atau direktori dengan menggunakan user yang telah ditentukan oleh Server. Ya bahasa katronya mah, LU KALAU MAU AKSES WEB BROWSER, FTP, STORAGE SERVER GW. YA LU HARUS ADA USER NYA. Gitu lho..

Baiklah, saya kasih spoILERRR.. Pernah liat gambar ini??



Pernah ???? Yap, kita akan coba aktifkan yang begitu begituan di NginX centos7.


BERIKUT TOPOLOGI YANG SAYA GUNAKAN. SAYA AKAN MENGAKTIFKAN "BASIC-ATH" PADA DOMAIN "www.networknjay.com"


Konfigurasi Server

Install httpd tools. Kita akan menggunakan tools dari apache untuk menjalankan basic-auth nya.




Setelah terinstall, kita edit sedikit pada conf.d pada NGINX nya.
nano /etc/nginx/conf.d/direktoriuser.conf

Keterangan :
  • location /auth-basic berfungsi untuk mendefiniskan letak konten dari web yang akan diberi autentikasi
  • root /usr/share/nginx/html berfungsi untuk mendefinisikan directory root pada suatu website.
  • auth_basic "Ciee pake User ciiieee" berguna untuk mengaktifkan autentikasi basic dengan string "Basic Auth". Ini sebagai judul atau banner aja pada saat basic-auth muncul
  • auth_basic_user_file "/etc/nginx/.htpasswdanjay"; digunakan untuk mendefinisikan letak user yang akan digunakan untuk autentikasi pada Web. Disini saya mengatur letak user pada file yang bernama .htpasswdanjay yang berada di directory /etc/nginx/




Keluar lalu restart nginx-nya.
systemctl restart nginx




Setelah tersimpan, lalu buat user untuk basic-auth nya. Saya membuat user "anjay"
htpasswd -c /etc/nginx/.htpasswdanjay anjay



Lalu kita buat direktory dan sesuaikan dengan yang tadi kita buat. Saya membuat direktori "auth-basic" dan langsung membuat index.html nya.
mkdir /usr/share/nginx/html/auth-basic
nano /usr/share/nginx/html/auth-basic/index.html



Nah isi deh index nya sesuka hatimuuu






UJI COBA KLIEN

www.networknjay.com/auth-basic

Akses dengan url berikut atau sesuaikan aja deh.





Setelah anda masukkan user, anda akan lihat index anda sendiri.

0 comments: